Sunday, September 8, 2013

Taman Jakarta #1 : Taman Menteng - Ketika Stadion Bola Berubah Menjadi Taman Kota

Sebenarnya sudah berkali-kali wara-wiri daerah menteng, tapi sore itu pertama kalinya saya benar-benar melewati daerah tersebut khusus untuk jalan-jalan sore di taman tersebut. Sebelum menjadi ruang terbuka hijau seperti sekarang ini, sebuah stadion besar markas PERSIJA pernah berlokasi di tempat tersebut. Pastinya ada banyak pertimbangan sehingga pemerintah kota memutuskan untuk membongkar stadion dan mengalihfungsikan tempat tersebut menjadi taman kota.

I had been passing through this park for several time, but I finally visited the park that afternoon. Before it became an open space green park like now, local club's football stadium was located on that place. Definitely there are a lot of considerations from government before they finally decided to dismantle the stadium and changed it to an urban park.

Saat ini, pohon-pohon rindang, bangku taman dan fasilitas umum yang ada di taman tersebut terjaga dengan baik, Meskipun masih banyak coretan-coretan tangan nakal dibeberapa fasilitas seperti tempat sampah. Taman Menteng ini sepertinya cocok juga deh buat dijadikan tempat piknik bareng keluarga, sudah banyak pohon rindang yang bisa jadi peneduh, bahkan lapangan dengan rumput hijaunya juga membuat saya ingin bertelanjang kaki dan duduk diatas rumput.

Currently, Shady trees, park benches and public facilities in the park are also well preserved, Although there are some scratches created by irresponsible person on some facilities, like trash bin. Those shady trees and green grass makes this park suitable for family picnic. Even I can't help myself to walk barefoot and sit down on the grass.

Dimulai dari sini, proyek hunting taman di Jakartapun saya mulai. Sekilas memang tampak hanya ada sedikit taman-taman kota di Jakarta. Sebenarnya mungkin kita yang masih kurang cermat memeperhatikan daerah sekitar kita. Upaya yang dilakukan pemerintah kota untuk menambah ruang hijau di daerah Jakarta juga tidak pernah berhenti. Perbaikan taman dan fasilitasnya juga sudah sangat terlihat. 

Starting from today, Jakarta Park hunting project is officially starts. Glance it appears there are only a few parks in Jakarta, But the government's efforts to increase green space in Jakarta has never stopped. Park improvements and facilities are in progress.

Taman Ayodya, Taman Suropati, Taman Situ Lembang dan masih banyak lagi.

There are Ayodya park, Suropati park, Situ Lembang park and many more.

Lalu untuk apa saya membuat proyek Taman Jakarta ini? berawal dari keinginan pribadi untuk mencari tempat wisata atau tempat berkumpul dengan teman atau keluarga yang tidak harus melulu di sebuah mall, kedai kopi atau restoran. Hey Jakarta punya banyak taman seru untuk dijelajah loh :) yuk main ke taman !

What's my purpose on this Jakarta Park project? it was my desire to find a place to hang out and gather with friends or families beside mall, coffee shops or restaurant. I know Jakarta has many parks that worth to visit. Let' play on the park!!  




Room for exhibition

a path to the fountain

my playmate
Children playground
Public facilities
special bicycle to pick up trash






8 comments:

  1. Aih asik dan apik keliatannya. Semoga tamannya selalu terjaga dan terawat dan anak² Jakarta mau main outdoor lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah seneng banget skrg jadi banyak ruang terbuka hijau yg bisa dijadiin tempat bermain juga kak

      Delete
  2. Replies
    1. Iyah:) kak feb aku juga sukaa, disepanjng jalannya juga byk bangku taman, seru deh buat main2

      Delete
  3. waaaaah ini yang kita jalan2 sore random bersama yah mei.. ih fotonya bagus deh... kameranya samsung cakep ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh, suka yaaaah, pas banget sore-sire banyak angin gitu lagi :)
      ini cuma pake grand loh, gimana si S4 yaaahh *tambah kepenyenn*

      Delete
  4. udah makin bagus sekarang ya..
    terakhir kesana masih belom begitu rapi
    sampai saat ini masih sering lewat tapi jarang mampir
    lewat doang sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku juga sering banget ngelewatin taman ini kak, pas kmrn lagi libur turs ada temen yg ngajakin jalan, aku minta kesini, ternyata seruu jugaa

      Delete

Thank you for comment :)