Sunday, September 29, 2013

Taman Jakarta #2 : Taman Ayodya - Taman Ubur-Ubur Cantik


Setiap pulang lembur dari kantor, rute yang saya lewati menuju rumah biasanya melewati jalan Barito. Hal ini juga yang membuat saya penasaran dengan taman ubur-ubur yang sering saya lewati di daerah tersebut. Eh iya ternyata namanya Taman Ayodya, bukan taman ubur-ubur, kenapa saya namakan ubur-ubur? Ini karena setiap saya melewati taman tersebut dan biasanya malam ada beberapa lampu lucu berbentuk ubur-ubur yang terletak di kolam buatan di tengah taman. Lampu ubur-ubur biru ini selalu menarik perhatian saya. 

"Kapan-kapan wajib main ke taman ini" ucapku dalam hati.

Kalo di Cikarang ada Pasimal (Pasar Siang Malam), di Jakarta kita juga punya Tasimal (Taman Siang Malam), Kenapa? Karena mau siang ataupun malam Taman ini tetap ramai pengunjung.

Akhirnya kesampaian juga main ke taman ini, sebelumnya saya sempat main ke Taman Menteng yang memiliki tempat bermain dan olahraga. Sepertinya di taman ini lebih diperuntukan untuk kumpul-kumpul bersama teman atau jalan-jalan sore bersama keluarga. Jumlah tempat duduk yang ada di Taman Ayodya jauh lebih banyak ketimbang di Taman Menteng. Jalan setapak yang memutari taman juga ada 4 macam, dari jalan setapak diluar taman, ditaman bagian atas, turun sedikit masih ada jalan setapak memutar juga dan terakhir jalan setapak dibagian bawah.


Kalo saya melewati taman ini di hari kerja (senin-jumat) biasanya yang tampak hanya pasangan-pasang muda dan sudah tidak muda (ehh ga tau juga sih ya, ngeliat dari luar aja plus malam-malam pula) yang lagi asik duduk-duduk di bangku-bangku taman. Ternyata di akhir pekan, taman ini justru dibanjiri keluarga, anak-anak komunitas dan sekumpulan anak muda yang asik hunting foto disekitaran taman.

Saya mampir ke taman ini pukul 5 sore dan memang sengaja menunggu hingga malam, karena tujuan awal saya memang ingin mengabadikan si Ubur-ubur yang ada di "Taman Ubur-Ubur" ini sambil menikmati udara sore di tengah taman. Perut lapar ketika bermain di taman? ga perlu kuatir, disekitaran taman banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan makanan dari Tahu Gejrot, Cilok, Somay, nasi gila, nasi goreng, mie ayam sampai sate padang. Berhubung lokasi taman ada di dekat Hotel Grand Mahakam, di dekat situ juga banyak terdapat restoran dan cafe. Tinggal atur sesuai kondisi keuangan aja, tapi jangan lupa jaga kebersihan taman yah.

Fasilitas umum seperti Kamar mandi juga tersedia di taman ini, meskipun dengan kondisi "berbayar". Sayangnya dengan jumlah pengunjung yang banyak di akhir pekan, jumlah tempat sampah yang disediakan tidak mencukupi. Saya sendiri sempat kebingungan mencari lokasi tempat sampah ketika akan membuang sampah. Ternyata hal tersebut berdampak dengan banyaknya sampah berserakan di sekitar taman, entah karena pengunjung yang malas mencari tempat sampah atau memang kebiasaan buruk mereka yang membuang sampah sembarangan :((. *sebeeellll, iya sebel banget*

Sisi positifnya, dengan adanya taman ini orang-orang kayak saya atau warga Jakarta lain jadi memiliki tempat wisata dan tempat kumpul lain selain Mall *it's a YEAY*

Ayoo main ke Taman
Taman Ubur-Ubur :P









Ubur-Ubur


10 comments:

  1. udah ga terhingga deh ke taman ini haha.. satu hal yg tidak nyaman, banyak pengamen :(

    ReplyDelete
  2. Bener banget, pengamen nya bikin males :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho ohhh, kmrn sempet kita kerjain, pas dia ngedeket kita kabur :))

      Delete
  3. Mending refreshing ke Taman ketimbang nongkrong nggak jelas di Mall...
    Hemat dan syukur2 bisa dapet gebetan #eh. Setujuh? ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nyari gebetan di taman juga lim :)) :))

      Delete
  4. Tempat yang cocok buat nongkrong ngopi sama temen temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah seru sebenernya kak, tapi skrg udah mulai ga ada lampu2, kalo malem jadi udah ga seru lagi :((

      semoga lampu-lampunya diperbaiki

      Delete
  5. klo di surabaya yg terkenal namanya taman pelangi sama taman bungkul :)
    btw intip juga web kami ya mbak www.kemanakita.com

    ReplyDelete

Thank you for comment :)