Tuesday, October 15, 2013

Cathedral Church, Jakarta


Entah mengapa sejak pertama kali melihat Gereja ini, saya merasa seperti berhadapan dengan sebuah istana megah. Arsitekturnya yang khas dan pepohonan rimbun disekitarnya, saya seperti kembali ke abad pertengahan dan akan mengunjungi istana tempat tinggal para raja, ratu, pangeran dan putri.

Gereja Katedral merupakan salah satu gereja tua di Jakarta. Gereja ini menjadi objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Ternyata arsitektur gereja ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara. Arsitektur bangunan tersebut bergaya neo-gotik dan biasanya memiliki kemiripan dengan beberapa gereja katedral di kota atau negara lain. Selain di Jakarta, saya sudah pernah mengunjungi Gereja Katedral di Ho Chi Minh dan memang terlihat kemiripan dari kedua bangunan tersebut.

Lokasi Gereja ini berada persis di sebrang mesjid Istiqlal dan Lapangan Banteng. Menurut beberapa orang yang sudah pernah memasuki gereja ini, terdapat museum di lantai 2 Gereja. Sayangnya, sewaktu saya berkunjung ke tempat ini, museum tutup dan sedang berlangsung misa perkawinan sehingga membuat saya enggan masuk kedalam, takut menganggu prosesi upacaranya. Melihat kecantikan bangunan ini dari luar saja senangnya luar biasa. Jika pintar mencari sudut dan mengatur angle kamera, foto yang dihasilkan akan menjadi cantik dan tidak tampak seperti ada di Jakarta.

Menurut info di websitenya Museum Katedral hanya buka di hari Senin, Rabu ,dan Jumat dan hanya 2 jam saja, dari jam 10 pagi hingga jam 12 siang. Terdapat banyak barang bersejarah yang disimpan di museum ini, seperti alat-alat untuk peribadatan, kasula (semacam jubah/outwear yang digunakan untuk acara-acara tertentu), patung-patung, dan buku-buku.

Saya sendiri masih penasaran dengan cerita dibalik bangunan ini, rasanya belum puas jika hanya membaca cerita tersebut dari sebuah artikel yang ditemukan di internet. Sepertinya suatu hari nanti harus kembali lagi ketempat tersebut untuk mendengar sendiri cerita dan sejarah dibalik kemegahan bangunan tersebut.








Left: Cathedral Church, Jakarta, Right: Cathedral Church, Ho Chi Minh
Baru sadar, dari foto-foto diatas terlihat ada 3 tone berbeda untuk warna gerejanya, hihihihi ternyata efek satu setingan namun untuk semua angle berakibat seperti ini. 

Gambar diambil menggunakan Samsung Galaxy Grand dan Canon 1000D

10 comments:

  1. Replies
    1. Iyah, ini Jakarta bagian eropa barat :))

      Delete
  2. 5 tahun setiap hari lewat gereja ini tapi ngak perna terpikir untuk masuk kedalam nya :-) ternyata cakep juga yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, ternyata seru banget muter2 jakarta dan nemu bangunan2 cantik kayak gini, dulu juga ga kepikiran mamu mampir padahal

      Delete
  3. Eh, orang muslim boleh masuk Katedral kah? Sebagai wisatawan gitu? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kak, kmrn karna ada kebaktian aku ga berani masuk, takut ganggu. Pas hari senin tmn aku ada yg dtg juga kesana mereka jilbaban kok :) dan tetap disambut baik

      Delete
  4. Sangat indah gerejanya kak Meidiana Kusuma. dan yang paling penting masih ramai di kunjungi jamaahnya. kalo di eropa sudah mulai sepi. jujur sentuhan arsitekturnya bagus banget. cuma pernah lewat doank, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempat nya cantik, awalnya ragu mau mampir, ternyata sehabis minta izin ke satpamnya untuk masuk malah disambut baik ;)
      Beberapa jemaat juga melempar senyum gitu pas kebetulan papasan sama aku dan melihat aku nenteng2 kamera

      Delete
  5. kamu kapan kesininyaaa?? padahal ini deket banget sama kantorku, tapi aku belom pernah kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari sabtu yg pas sebelum idul adha kak, hihihi
      Tertarik untuk mampir ga sekarang?
      Aku masih penasaran sama dalamnta kayak gimana padahal

      Delete

Thank you for comment :)