Thursday, October 17, 2013

Taman Jakarta #3 : Taman Lapangan Banteng




Ada yang tau sejarah penamaan "Lapangan Banteng" ? Sebelum berdiri monumen pembebasan Irian Barat seperti yang bisa kita lihat setiap kali melewati lapangan ini, ternyata berdiri sebuah monumen yang diatasnya terdapat patung singa. Monumen ini konon ditujukan sebagai peringatan pertempuran di Waterloo. Ada beberapa versi tentang penamaan Lapangan ini,;


  1. Ada yang menceritakan bahwa kala itu orang-orang Jakarta belum mengetahui sosok singa dan hanya tau hewan yang berbadan besar itu adalah banteng, sehingga banyak yang menyebut tempat tersebut dengan Lapangan Banteng. sumber
  2. Ada juga versi yang menyebutkan bahwa Presiden Soekarno lah yang merubah nama Lapangan Singa menjadi Lapangan Banteng. sumber
  3. Adapula versi lain yang menceritakan kala itu lapangan tersebut digunakan sebagai kampanye pemilu sejumlah partai, dan pemenang pemilu saat itu adalah Partai Nasional Indonesia yang berlambang kepala banteng, sehingga kemudian nama lapangan tersebut populer dengan nama Lapangan Banteng. sumber
Mana yang benar yah? *kemudian bingung*. Ternyata banyaknya cerita unik dibalik penamaan lapangan banteng membuat saya penasaran untuk mendatangi tempat tersebut. 

Luas taman ini kira-kira 3 kali Taman Menteng (diukur dengan tingkat kesotoyan yang tinggi). Selain terdapat taman hijau yang dikelilingi jalan setapak yang sering dijadikan jogging track, taman ini juga memiliki lapangan basket dan lapangan sepakbola. Setiap minggunya tempat ini dijadikan tempat latihan beberapa SMA di Jakarta dan setiap tahunnya pameran flora dan fauna diselenggarakan di taman ini loh.

Ada juga ruang terbuka setengah lingkaran yang terletak disamping monumen dan sepertinya bisa digunakan untuk pertunjukan, karena didepannya terdapat tempat duduk bertingkat yang bisa digunakan sebagai kursi penonton :D.







8 comments:

  1. bener2 muterin jakarta untuk nulis taman2nya ya Mei ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah :))
      soalnya emang akhir-akhir ini aku suka jalan kaki kak, jadi suka juga deh muter-muter nyari taman bagus buat olahraga atau buat iseng aja duduk-duduk

      Delete
  2. Kalo lagi ada festival Flora dan Fauna tuh seru main di sini. Banyak hewan-hewan lucu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa seru yah mba? aku belum pernah dateng tuh pas ada festivalnya, semoga tahun depan bisa dateng aahh :)

      Delete
  3. kemarin sore jogging di sini sama temen-temen kantor pulang kerja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak yahh tamannya, besarrr banget :)
      kalo sore gitu sepi ga sih?

      Delete
    2. rame kok, baik pagi atau sore banyak yg jogging di lapangannya :)
      ayo sini jogging bareng hehehe

      Delete
    3. hihihi yaaah rumah sayaa jauh dari situ :((
      lari di taman ayodya aja deh lebih deket :P

      Delete

Thank you for comment :)