Thursday, April 10, 2014

Top 4 Wisata Museum Gratis di Singapura

Rasanya belum lama ini sempat baca disalah satu situs berita online kalo Singapura udah jadi negara termahal di dunia *shocked*. Tapi tunggu dulu, ternyata masih banyak wisata seru yang ternyata GRATIS, Kali ini saya share Top 4 Wisata Museum Gratis di Singapura dulu yah.

1. Buddha Tooth Relic Temple And Museum


Museum yang sekaligus Kuil ini terletak di daerah Chinatown tepatnya di South Bridge Road, lokasinya juga sangat berdekatan dengan pusat oleh-oleh di Chinatown. Yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat ini adalah pakaian yang kalian pakai, pengunjung tidak boleh menggunakan celana atau rok pendek serta tidak diperkenankan juga menggunakan baju dengan tangan buntung. Lalu, kalo terlanjur memakai celana pendek dan tank top gimana? eitts jangan khawatir, pihak kuil juga menyediakan pashmina dan bawahan serupa rok yang hanya tingal diikat kedua ujungnya untuk dapat digunakan pengunjung, GRATIS pula. Setelah browsing tentang museum ini, terrnyata banyak hal menarik dan saya yang sudah dua kali mampir kesini ternyata cuma pernah masuk di area lantai 1 nya saja, padahal masih banyak ruangan lain seperti basement dimana terdapat restauran Vegetarian (eh ini free katanya loh, tapi kita boleh bantu dengan donasi seikhlasnya juga), Lantai mezzanine, Lantai dua sampai Lantai 4. Untuk list pasti ada apa saja disetiap lantainya bisa kalian cek di website resmi mereka.



Pertama kali mampir kesini, tiba-tiba hujan turun, untunglah saya mendapatkan tempat berteduh


2. Singapore City Gallery

Sesuai nama tempatnya, disini memang memamerkan banyak hal yang berkaitan dengan Singapura terutama pembangunannya. Maket utuh satu negara, hingga maket perencanaan 10 - 20 tahun kedepan yang dibuat sangat apik tidak luput dari perhatian saya. Disini dijelaskan pula tentang sejarah awal pembangunan negara tersebut, dari mulai tata kotanya, arsitektural toko-toko hingga sejarah pembuatan MRT. Mereka juga memiliki poster tentang pembangunan bawah tanah yang dilakukan Singapura, dengan adanya gambar tersebut saya jadi tau ada pembangunan apa saja di bawah tanah mereka, sstt ternyata mereka juga menyimpan senjata di bawah tanah loh. Galeri ini terletak di 45 Maxwell Road dan terletak diantara stasiun MRT Chinatown dan Tanjong Pagar. Saran saya, sehabis berkunjung ke Buddha Relic Temple mending sekalian mampir kesini karena jarak mereka memang cukup berdekatan. Kalo masih butuh informasi lebih lanjut, boleh langsung cek ke websitenya juga.



  

3. Chinese Garden

Loh? katanya lagi bahas Museum, tapi kok ke taman? Eitss jangan bingung dulu, di areal Chinese Garden ini tetap saya kategorikan sebagai Museum (jangan diprotes yah :P), ya buat saya ini adalah museum di tempat terbuka yang sayang untuk kalian lewatkan. Chinese Garden ini sendiri terletak persis di samping stasiun Chinese Garden MRT. Oke kalimat "terletak persis di samping" ini agak menipu sebenernya, karena kenyataanya untuk sampai ke pintu masuknya masih dibutuhkan kurang lebih 10 menit berjalan kaki dengan jalan yang naik turun (padahal dari MRT udah keliatan bentuk pagodanya loh). Apa yang menarik di tempat ini? selain pagoda 7 tingkat dan pagoda kembar, taman ini juga memiliki taman bonsai, taman bambu, Stone boat, Patung Confucius, Sundial (jam matahari), Tea house dan sebenarnya juga ada Museum Kura-kura dan Penyu hidup namun ada biaya tiket masuk. Saran saya, coba deh kalian naik ke lantai 7 di Pagoda 7 tingkat ini. Rasa cape bisa hilang seketika begi kalian melihat pemandangan dari atas pagoda ini. ehhmm kemarin sih saya baru sampai tingkat 2 aja (maklum tenaga udah abis, seharian muter-muter jalan kaki *alasan*)



4. Civil Defence City Gallery

Untuk tempat yang satu ini sudah pernah saya buatkan postingan khusus yang bisa dibaca disini. Singkatnya tempat ini adalah tempat yang tepat buat pengunjung yang ingin mengetahui sejarah unit pemadam kebakaran Singapura. Di dalamnya terdapat miniatur dan real size mobil pemadam kebakaran, alat-alat yang mereka gunakan, hingga alat peraga interaktif yang dapat digunakan oleh pengunjung. Museum/Galeri ini terletak berdekatan dengan beberapa museum lain seperti Museum Perangko, Museum Peranakan, Museum Alkitab dan masih banyak lagi. Eksterior luar museum ini juga sangat unik dan menarik.




Selain keempat museum diatas masih ada beberapa lagi museum gratis di Singapura diantara Navy Museum, Baba House (NUS Museum), Fuk Tak Chi Museum dan masih banyak lagi. Setiap tahunnya beberapa Museum berbayar lain juga memiliki program "Gratis masuk museum" loh, tinggal kita cari tahu aja deh event itu adanya tanggal berapa :). 

Kalian punya cerita tentang museum seru yang lainnya? share yuk dikomen di bawah ini

22 comments:

  1. deuhhh....jadi malu udah sering ke singapore tapi belum pernah ke satu museum pun >.<
    Yang civil defence city gallery keliatan lucu yach. Btw Mei, kirim artikel ke majalah donk. Tulisan kamu cakep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa thanks cidebbb :(( tapi aku belum pedee :((
      yuk yukkk

      aku ajak muter-muter ke tempat2 favorit akuhh :D

      Delete
    2. Setuju banget ini sama ci debb, kirim ke majalah aja mei, nothing to lose koq, ga diterima ya stay cool saja, masih ada blogmu kan untuk tetap berkarya #eaaa *sendirinya juga takut nulis ke majalah* hehe

      Delete
    3. nyahahahha iyahh, saya perbanyak content dulu aja deh gpp, wong pengalamannya juga baru secuil :D
      nanti deh kalo udah siap banyak artikel :P

      Delete
  2. Keren ya, jadi pengen hahaha:D
    Mampir yaaa http://gebrokenruit.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaai :) iyah keren dan gratis pula :D. thanks udah mampir

      Delete
  3. Aku suka museum sbnrnya. Tapiiiii, yg khusus nyeritain sejarah2 kelam gt mei :p. Cthnya kayak museum lubang buaya, museum jend nasution, tuol sleng di kamboja ato yg lg pgnnnn bgt aku dtgin museumnya korban Nazi di Poland ato museum perang di bosnia ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaaa serem amataan hahahahaha,

      Di Ho Chi Minh banyaak hihihi

      Delete
  4. Termahal di dunia... :| biaya hidup disana bisa bikin kere... kok banyak yg berhubungan dengan china ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh living cost disini mahaall :((

      Delete
  5. Singapura itu perasaan ga gede kan ya?
    Tapi tempat wisatanya banyak aja :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh, mereka kalo bikin tpt wisata bener2 dikonsepin banget yah, skrg hampir tiap areal punya objek wisata sendiri, ntah itu taman, museum, rumah ibadah macem-macem

      Delete
  6. Cuman perna ke museum pemadam kebakaran, sisa nya aku baru tau baca postingan disini hahaha sangat memalukan :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihihihi masih banyak yg gratisan lain sih om cum, ini baru yg museum aja lohhh, ayoo ajakin aku pergii lagi omm

      Delete
  7. Sip bookmarked buat September nanti!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada tpt seru lainnya yg belum gue bahas febb, ada wisata taman gitu :D

      Delete
  8. Artikel yang bagus kak Mei, saya kebetulan suka sama museum dan menurut saya Singapore adalah salah satu negara yang memperlakukan museum dengan baik. Beruntung dulu pas ke Singapore ada Singapore Night Festival dan mereka menggratiskan tiket masuk ke beberapa museum utama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasssihh Kak* Blushing*

      ihh seru bangett pas dapet gratis masuk museum, dari dulu pengen ke SAM (Singapore Art Museum) ga jadi-jadi mulu =,=, seru tuh yahh @singasik harusnya bikin trip yg kayak gini *ajak aku ajak aku

      Delete
  9. Semuanya belum pernah didatangi tapi koq merasa udh puas aja ya ke Singapore, padahal masih banyak yang gratisan ya Mei. Maklum biaya hidupnya mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa seru emanggg hihihihi
      aku juga masih punya banyak checklist tempat-tempat di SG nih

      Delete
  10. Replies
    1. Ayo kak :) nabung dikit2 bisa kok, sekarang udah banyak promo tiket pesawat ke Singapura loh

      Delete

Thank you for comment :)