Monday, December 8, 2014

Mengajukan Visa Turis Dubai (UAE) Via VFS


Karena ada beberapa teman sempat menanyakan perihal pengajuan visa ke Uni Emirat Arab, terutama Dubai, akhirnya saya coba buat artikel ini untuk sum-up hal-hal penting apa yang perlu diperhatikan dan cara pengajuannya via VFS.Global. Saya sendiri waktu itu tidak jadi mengajukan di VFS, karena tiket pesawat yang super mepet, jadinya langsung diurus oleh Sodara di Dubai. Namun sebelum diputuskan membuat visa dari sana, sebelumnya saya sempat mencaritahu tentang tata cara pembuatan Visa Dubai dari Jakarta.

Beberapa hal yang harus perhatikan di awal untuk pengajuan visa Turis Dubai via VFS:
  1. Memiliki tiket PP Dubai dengan maskapai Emirates.
  2. Jenis visa yang dapat diajukan via VFS hanya single entry dengan pilihan jangka waktu 96 jam, 14 hari, 30 hari dan 90 hari. Untuk detail biayanya sebagai berikut:
  • 96 jam biaya visa Rp.792.150
  • 14 hari biaya visa Rp.1.296.500
  • 30 hari biaya visa Rp.952.100
  • 90 hari biaya visa Rp.2.748.000
*edited Sept 24th 2015*

Ada harga baru untuk Visa Dubai (per Agustus 2015):

VISA CATEGORYVISA FEES
Duration of stay : 90 days2,732,000 IDR
Duration of stay : 30 days1,311,000 IDR
Duration of stay : 14 days1,311,000 IDR
Duration of stay : 96 hours934,000 IDR
90 Days Multi Entry Long Term Visa6,691,000 IDR
30 Days Multi Entry Short Term Visa2,631,000 IDR

*Untuk visa 90 hari, sebelum aplikasi visanya diajukan VFS, si pemohon diminta untuk mengirimkan maksud dan tujuan berkunjung ke Dubai selama itu ke pihak kedutaan terlebih dahulu. Apabila sudah disetujui, baru pemohon dapat melanjutkan permohonan visanya ke VFS.
Melihat harga di atas, akhirnya saya mengerti kenapa si Om waktu itu bersikeras mengajak saya dan Tante untuk liburan selama 2 minggu, ternyata biaya visa 1 minggu di Dubai sama saja kayak 2 minggu. (duhh maap yah omm)
Tapi sebelum beli tiket dan menentukan jangka waktu tinggal di Dubai, ada baiknya kita memperhatikan beberapa syarat-syarat dalam pengajuan visa Dubainya terlebih dahulu:
Kriteria 1 Travel Record
Pemohon minimal sudah pernah bepergian ke luar negeri dalam kurun waktu 5 tahun terakhir atau memiliki visa USA, UK, Schengen, Australia, New Zealand, Russia, Canada, Swiss dan Jepang yang masih berlaku.
Kriteria 2 Financial Record
Pemohon visa minimal memiliki gaji kotor pertahun sebesari Rp 60.000.000, dan dokumen yang dapat mendukung hal tersebut dapat berupa SPT 21, Surat keterangan dari tempat kerja, bank statement selama 6 bulan atau jika wiraswasta dapat melampirkan SIUP.

Kriteria 3 Surat Undangan dari anggota keluarga yang tinggal di UAE
Pasangan dan anak dibawah usia 21 tahun dan Orang tua diatas usia 60 tahun dapat diundang anggota keluarga yang tinggal dan menetap di UAE.

Dokumen pendukung yang dibutuhkan:
1. Surat Undangan
2. Surat/ Akte nikah untuk pasangan yang diundang
3. Akte lahir untuk anak yang diundang
4. Kartu Keluarga atau dokumen lain yang dapat membuktikan bahwa yang diundang adalah orang tuanya
5. Bukti Visa yang masih Valid dari Hostnya
6. Fotokopi Paspor host

Tahun 2012 lalu saya mengunjungi Dubai dalam rangka family visit plus jalan-jalan sih, jadi di sana ada Om yang kerja dan tinggal di sana bersama keluarganya, jadi untuk Surat undangan dan visa pengundang (host). Tapi karena saya dan si Om tidak ada hubungan darah langsung, langkah ini tidak bisa saya gunakan.

Kriteria 4 Additional Document untuk criteria khusus:
Ada 2 kategori pemohon yang memiliki syarat khususnya
1. Pelajar yang akan travelling sendirian ke Dubai
a.KTP atau fotokopi passport Orang tua
b.Fotokopi kartu keluarga
c.Akte lahir pemohon
d.Surat keterangan dari Orang tua
e.Surat undangan dan/atau surat garansi dari host di Dubai berikut Fotokopi paspor dan valid visa host.
2. Pengantin Baru (untuk perempuan, jika nama suaminya tidak disebutkan/didukung di dalam Paspor)
a.Surat Undangan
b.Surat/Akta Nikah
c.Valid Residence Visa host
d.Fotokopi paspor host
e.Fotokopi KTP
Nah setelah kriteria diatas sudah bisa dipenuhi, sekarang saatnya apply visa. Aplikasi visa dapat langsung diunduh di website VFS.

Dokumen yang harus dibawa:

1. Pas Photo 2 lembar ukuran 4,3 cm x 5,5 cm
2. Application Form
3. Paspor dan fotokopi paspor (bagian yang ada cap juga difotokopi)
4. Bukti tiket PPnya
5. Financial Record
6. Surat Undangan (Jika ada) berikut foto kopi valid visa dan fotokpi paspor pengundang
7. Surat Nikah (Jika yang mengundang Suami)
8. Akte lahir (jika pemohon di bawah umur)
9. Fotokopi paspor ortu (Jika pemohon di bawah umur)
10. Kartu Keluarga (Jika pemohon di bawah umur atau orang tua pengundang)
11. Surat konfirmasi pemesanan hotel (jika tidak tinggal dengan host)
Jangan lupa cek kembali semua dokumen wajib dan pendukung. Karena yang belum komplit tidak akan diproses oleh VFS, pemohon akan diminta melengkapi terlebih dahulu kemudian baru kembali lagi ke VFS.

Saatnya menunggu Visa

Processing Time sekitar 3 – 4 hari, di luar hari Jumat, Sabtu dan Hari libur kalender Dubai, sekedar informasi di Dubai hari Jumat adalah akhir pekan alias libur). Untuk pengecekan status dapat dilakukan di website VFS dengan memasukan nomor referensi dan tanggal expired paspor.

Info Tambahan Selama Trip di Dubai:

1.Untuk pasangan suami istri sebisa mungkin tetap membawa surat nikah atau akta nikah ketika travelling ke Dubai, ditakutkan ada random check di Imigrasi. Atau malahan ada random check di Mall (ini entah teman saya yang nakut-nakutin atau memang pernah ada kejadian seperti ini)
2.Di beberapa tempat seperti mall atau tempat umum terdapat aturan penggunaan pakaian, jadi sebisa mungkin membawa pakaian-pakaian yang sopan.
3.Teman saya yg tinggal di Dubai bilang, “Jangan memandang mata laki-laki di sana langsung ke matanya, karena kalo mereka tidak suka bisa-bisa kita dilaporkan ke polisi” (haduhh peraturan apalagi ini, padahal polisi di Dubai ganteng-ganteng, masa ga boleh dilihatin =,=). Tapi selama saya di sana sih OK-OK aja.
4.Katanya kalo bukan muhrim tidak boleh jalan-jalan bareng di mall, duh yang ini sih sepertinya kurang tahu yah. Karena waktu itu saya sempat jalan-jalan di Dubai mall barengan senior saya (cowo) dan selama tidak ada hal aneh-aneh seharusnya aman.

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi:

VFS.Global
Kuningan City Mall Lantai 2
Contact: +62 21 30481747

Untuk Case Saya:
Waktu itu kondisi saya sudah bekerja, namun alih-alih meminta surat keterangan kerja dari kantor, om saya justru meminta fotokopi passport Orang Tua saya dan mengkategorikan saya sebagai Pelajar yang pergi sendirian ke Dubai, sehingga harus berpergian dengan muhrim (orang tua atau keluarga dekat). Lucunya waktu ditanya kenapa harus pake passport mamah, si Om cuma jawab “kalo perempuan belum umur 25 tahun dan belum menikah, di sini dianggap anak-anak dan harus didampingi” (haduuhh repot yahh, tapi sempat cek dibeberapa visa requirements hal tersebut (detail usia) tidak tertulis sih). Di sini juga om saya bertindak sebagai sponsor selama saya berada di Dubai. Dalam waktu 3 hari e-visa saya langsung dikirim via email :)

Ada info yang salah atau ada yang mau ditambahkan? Boleh loh info ke saya visa komen box di bawah.

Happy Travelling  Guys!

63 comments:

  1. Kak ... kalo bawa pas foto mantan boleh tak ??? #Dikeplak. Klao gaji minimal 60 jt/th berarti rata2 5 juta sebulan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan foto mantan, foto gebetan juga boleh kok omm :)

      waahh omm pinter bangett matematika *bntar aku itung pake kalkulator dulu*
      Kayaknya sih Dubainya cuma mau make sure kalo si pemohon itu punya kerjaan dan ga tiba-tiba kerja ilegal di sana kak, jangan yah kak :P

      Delete
    2. Kak ad yg blg kalo mau ke dubai mesti ada first name dan last name...sedangkan nama saya hanya first name saja....gmn tuh?

      Delete
    3. kalo gitu berarti nama kamu tinggal diulang dua kali, misalnya namamu cuma "Rahmat" maka jadinya first namenya Rahmat, Last namenya Rahmat juga

      Delete
  2. wedew~ syaratnya sadis juga yak :| 60 juta~ syarat pertama berarti wajib pernah pergi ke negara yang sudah disebutkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo dibaca yg teliti, income 60juta pertahun, bukannya deposit 60 juta lohhh, engga wajib kok, ada salah satu boleh atau udah pernah keluar negri juga bisaa :D

      Delete
  3. Jiahaha. Ternyata kamu lebih tua dari gue XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahah astagaa nugiieee dia malah cek tahun kelahiraan :)) :)) *cubitt* hahahahaha

      Delete
  4. Sekarang dubai lagi menarik hati para pelancongnya ya...
    Untuk seminggu sekitaran 780 ya... tapi persyaratannya banyak sekali... -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah urus dokumennya banyaak heheheheh, ;3
      intinya sih cuma tiket-fotokopi rekening koran atay bukti penghasilan sama dokumen perjalanan

      Delete
  5. wah luar negeri sebuah idaman setiap pejalan meninggalkan negeri setelah negerinya di ubek" haseehh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuppp, marrii kita ubek-ubek dalam negri ;3

      Delete
  6. peraturannya terkesan ribet dan nyusahin yaa ;p Tapi bnr sih, intinya spy ga jd ilegal imigrant di sana :D

    aku nanya ke temenku yg kerja di sana, kyknya ga ada tuh Mei yg jln2 di Mall hrs bawa surat nikah .. ga seketat itu juga kok negaranya... itu kata temenku tapii..cuma utk sekedar jaga2, kyknya ke negra2 timur tengah ini mending dibawa aja drpd kena razia polisi syariahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah agak ribet yah, aku aja bingung. Kalo mau lebih gampang kayaknya yg penting beli tiket PPnya emirates dulu deh, abis itu kalo masih kerja sih yg penting surat keterangan kerjanya udah cukup.

      Waktu itu juga aku jalan2 sama senior aku yg cowo sampe jam 1 pagi di Mall juga aman sih, tapi emang kata dia takut ada surprise check

      Delete
  7. Hi aku juga mau ke sana.tp kmaren ga di izinin karena blum 24 th.... tolong email aku atau apa gt aku mau tanya2 banyak marcellaapangestu@ymail.com trimakasih banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii marcella kamu bisa kontak aku aja yaah :) di geretkoper[at]gmail[dot]com :)

      thank you udah mammpirrr *hugs*

      Delete
  8. wah, kebetulan. akhir tahun bakal ke sini nih rencananya, semoga aman aja nanti urusan visanya.
    thanks infonya... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk oleh-oleh cerita yang banyaak yah Yukaaaaii

      Delete
  9. Waduh..ak udah confirmed tiket ..tp bukan dari maskapai emirates..gmna tuh ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep bisa kok, tapi setahu aku ngurusnya ke kedutaannya gitu :)

      Delete
  10. mau tanya nih sis.. gue masih mahasiswa, alias belum kerja....
    trus gue klu liburan pasti ke negara yang bebas visa.. alias sekarang dipaspor gak ada satupun visa yg sdh disebutin diatas..

    apa masih ada harapan utk ngurus visa uae ini ? atau harus masukin duit berapa di buku tabungan biar orangnya yakin gue gak bakal jd imigran disana ?

    thx bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Geva,

      kayaknya yang penting kamu punya tiket pulang pergi + bukti bookingan hotel + ngasih rekening koran 3 bulan (untuk minimal uangnya sih aku kurang tau pasti nih) + kalo bisa bikin surat keterangan kampus kalo kamu masih jadi mahasiswa :)

      Delete
  11. mau tanya nii ..aku baru dlm bikin visa ...ibu beranak 1 ..klo misalnya ga pake surat nikah bisa ga ( ga punya) trus klo misalnya diurus disana (dubai) bisa ga ...ada temen (calon suami kerja disana) ....mohon komentnya ya

    ReplyDelete
  12. Kalau ga ada pekerjaan tapi kita ada investment property di Jakarta gimana tuh? Bisa ttp dapet visa uae ga yah? Harus sertakan ppjb apartment? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi duh, maaf banget kalo sampe hal kayak gitu aku kurang tau, mungkin bisa langsung ditanyakan ke VFSnya aja :) mereka siap membantu kok

      Delete
  13. mbak,,kalo buat visit visa untuk mencari kerja dsana bisa ngk ya?
    dalam arti kita jobseeker dsana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik sih kalo mau cari kerja di sana mending dari sini, biasanya mereka ngerti kok, interviewnya bisa via skype soalnya

      Delete
  14. Dear mba Medina, boleh aku tahu contoh surat undangan dari Host'nya seperti apa ya ? Soalnya aku juga mau kesana cuma terkendala bbrapa hal. 1 karna mau kesana sama ibu saya dan na beliau hanya 1 suku kata, maka itu dipermasalahkan. Karna yang mengurus visa kami pun pacar saya yang WN Dubai. Mohon balasannya, Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rizka, coba tanya ke pihak imigrasi tempat pembuatan passport kamu deh, waktu itu teman-teman aku yg mau umroh tapi namanya cuma 2 suku kata bisa mengajukan penambahan nama ayah dan langsung diurus di kantor imigrasi (detailnya aku kurang paham)

      untuk contoh surat undangan, saya juga tidak punya. tapi cobba gooling deh seharusnya banyak contoh bisa ditemukan

      Delete
    2. mba ikut tanya dong..
      9 juli 2015 pertama kali saya ke emarat ( Abudhabi) dengan memakai visa touris melalui agen TKI di bali. Karena harus memperpanjang visa saya harus exit emarat, saya harus pergi ke kish island Iran selama +/- 24 hari.

      Kemudian tgl 30 agustus saya mendapatkan employmen visa / residen visa ( saya ga tau persis ) tetapi dalam perjalanan waktu saya mengalami masalah dengan costumer ( tamu sana nakal ga ketulungan ) sehingga saya harus cancel visa dan tgl 22 september saya kembali ke Indonesia.
      Pertanyaanya..

      Dapatkah saya kembali ke emarat dalam waktu dekat ? ( saya dapat tawaran kerja di Dubai)
      Company yg akan memberi saya pekerjaan menawarkan visa turis selama 3 bulan kepada saya.. Bagaimana saya mengurusnya ?
      Pengalaman kemarin berangkat saya pakai agen jd tidak mengerti prosesnya.. ( judulnya ga kapok kembali kesana untuk cari uang )
      Terima kasih

      Delete
    3. Hai Jayz, kayaknya kamu harus coba tanya sama company yg sekarang deh, seharusnya kalo mereka memang mau keep kamu, mereka akan buatin visa kerja. Karena kalo kamu pake vis aturis 90 hari namun di sananya kamu kerja dan ketahuan sama Imigrasi Dubai malah repot nanti

      Delete
    4. Maksudnya mba..
      Apa saya bisa datang ke emarat dalam waktu dekat ? Atau karena saya cancel visa trus saya kena banned dan harus nunggu 6 bulan baru saya bisa datang ke emarat ? ..

      Delete
    5. saya kurang tau untuk perihal visa kerja mas, saya belum pernah apply visa sebelumnya.
      satu-satunya visa dubai yang pernah saya apply hanya yg turis mas

      Delete
  15. So cooll, lengkap dan komplit.. :D Saya blum pernah nyoba, kapan2 dah tak nyobain, biar tahu rasanya maen ke luar negeri..

    ReplyDelete
  16. semoga aman aja nanti urusan visanya.
    thanks infonya... :*

    ReplyDelete
  17. Mau tanya dong. Saya lg di canada. Rencana mau pulang ke jakarta tp pengen transit dubai dgn maskapai Emirates. Wktu transitnya 23 jam. Kl mau kluar airport, gmn ngurus visanya y? Apa di airport sana menyediakan visa on arrival?

    ReplyDelete
  18. Mau tanya dong. Saya lg di canada. Rencana mau pulang ke jakarta tp pengen transit dubai dgn maskapai Emirates. Wktu transitnya 23 jam. Kl mau kluar airport, gmn ngurus visanya y? Apa di airport sana menyediakan visa on arrival?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya emirates bisa bantu buatin visa transit deh, kalo waktu transitnya lama biasanya dari emirates kayak ada paket tour (kurang tau tapi yah ini compliment atau ada biaya tambahan) bisa deh cek di websitenya emirates :)

      Delete
  19. hallo, saya mau tanya kalo untuk bikin visa ke dubai buat non-emirates gmn ya? apa bisa lewat VFS jg?

    ReplyDelete
  20. Ribet juga yaa ternyata?
    Selama ini terima jadi aja, diurus ama perusahaan :D

    ReplyDelete
  21. mohon bantuannya gimana ya buat surat permohonan PERSYARATAN PENGESAHAN DOKUMEN LAHIR SERTIFIKAT dab PERSYARATAN PENGESAHAN DOKUMEN PERKAWINAN. Di ajukan ke Konsuler Kedutaan Besar Uni Emirat Arab, Mohon bantuannya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas, setau saya sih ga ada sampai pengesahan dokumen yah? biasanya fotokopi sama aslinya dibawa aja pas pengajuan, petugas VFS yang akan ngecek aslinya, tapi abis itu dokumen aslinya kita bawa pulang lagi

      Delete
  22. Ke Bali saja belom pernah apalagi ke Dubai,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn, siapa tau dalam waktu dekat bisa main ke sana yahh :)
      minimal ke Bali dulu juga gpp, semua tempat seru kok :)

      Delete
  23. Hy mei.... Aku pengen bgt deh ngebolang ke abu dhabi tp dengan bugjet yg minim ya travelling ala backpacker gitu,, kebetulan disana ada temen cuma krn kami blm resmi aku kesana hrs stay di hotel. Yg pengen aku tanyain bugjet hotel disana yg cukup buat kantong backpacker atw homestay yg murah ada ga... Hehehe
    Makasih ya buat balesannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak :)

      duh akunya belum sampe Abu Dhabi kemarin, cuma di Dubai aja. Setau aku kalo di Dubai sih ada hotel bintang 1 / 2 yang harganya start 500 - 700ribuan :) coba cek di booking.com deh

      Delete
    2. ada hostel juga dan roomnya cewe cowo dipisah, ga ada mixed dorm kayak di kota-kota lain hehehehe :)

      tapi ada yg start dari 300ribuan seorang kok

      Delete
  24. ribet ya buat visanya, dananya juga lumayan. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah heheheh, enakan bikin visa ke Turki atau Jepang lebih murah

      Delete
  25. Mbak, bisa minta kontak hp gak? pengen ngobrol ne biar mantep soalnya mo apply visa kesana dan casenya agak sama kayak mbak, cuma disini gak seberapa paham. pleaseee.... pentig banget soalnya neh hehehhe kalo boleh habis ini saya kirim email saya.. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi coba email aja ke aku dulu yah, soalnya aku lagi ga domisili di Jakarta, susah juga kalo kamu mau hubungi :)

      Delete
  26. Lumayan ribet juga ya bikin visa itu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iyah kak, soalnya emang banyak syaratnya :)

      Delete
  27. Wih... mahal banget biaya bikin visa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyah, udah peraturannya segitu, mau gimana lagi

      Delete
  28. Maaf yaa mbak saya mau tanya nich,saya Indonesia status single tapi bekerja di Malaysia ada permit sah sebagai tukang masak gaji saya dalam rm2000/month atau lebih kurang rp6juta, saya bekerja sudah lebih dari 7 tahun.Dan saya ada rencana mau ke Dubai liburan hanya untuk 4hari saja, kebetulan ada teman yang sponsor tapi teman ini warga arab Saudi, apakah perlu surat sponsor dari dia memandangkan dia bukan warga Dubai? dan apakah mungkin mudah untuk saya dapat kan visa? Terima kasih banyak untuk jawabannya. ditunggu lho jawabannya.

    ReplyDelete
  29. wedew~ syaratnya sadis juga yak :| 60 juta~ syarat pertama berarti wajib pernah pergi ke negara yang sudah disebutkan?

    ReplyDelete
  30. ribet ya buat visanya, dananya juga lumayan. -_-

    ReplyDelete
  31. wedew~ syaratnya sadis juga yak :| 60 juta~ syarat pertama berarti wajib pernah pergi ke negara yang sudah disebutkan?

    ReplyDelete

Thank you for comment :)