Budget pas-pasan gara-gara baru aja sebulan sebelumnya trip ke Hongkong tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap berangkat ke Kuala Lumpur. Meskipun saya tetap harus merelakan tiket KL - Miri, Miri - Kinabalu dan Kinabalu - Jakarta hangus dikarenakan 2 hari cuti tambahan yang saya perlukan sepertinya susah didapatkan.
Rasanya belum lama ini sempat baca disalah satu situs berita online kalo Singapura udah jadi negara termahal di dunia *shocked*. Tapi tunggu dulu, ternyata masih banyak wisata seru yang ternyata GRATIS, Kali ini saya share Top 4 Wisata Museum Gratis di Singapura dulu yah.

1. Buddha Tooth Relic Temple And Museum


Museum yang sekaligus Kuil ini terletak di daerah Chinatown tepatnya di South Bridge Road, lokasinya juga sangat berdekatan dengan pusat oleh-oleh di Chinatown. Yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat ini adalah pakaian yang kalian pakai, pengunjung tidak boleh menggunakan celana atau rok pendek serta tidak diperkenankan juga menggunakan baju dengan tangan buntung. Lalu, kalo terlanjur memakai celana pendek dan tank top gimana? eitts jangan khawatir, pihak kuil juga menyediakan pashmina dan bawahan serupa rok yang hanya tingal diikat kedua ujungnya untuk dapat digunakan pengunjung, GRATIS pula. Setelah browsing tentang museum ini, terrnyata banyak hal menarik dan saya yang sudah dua kali mampir kesini ternyata cuma pernah masuk di area lantai 1 nya saja, padahal masih banyak ruangan lain seperti basement dimana terdapat restauran Vegetarian (eh ini free katanya loh, tapi kita boleh bantu dengan donasi seikhlasnya juga), Lantai mezzanine, Lantai dua sampai Lantai 4. Untuk list pasti ada apa saja disetiap lantainya bisa kalian cek di website resmi mereka.

Awalnya sempat bingung mencari hotel di Johor Bahru, waktu pertama kali ke kota ini di 2012, saya menginap di deluxe roomnya KSL City Resort, tapi kemarin saat cek lagi untuk family room, ternyata harga family room di KSL too pricey for me. Sempat browsing beberapa hostel atau hotel disekitaran JB Sentral, salah satu teman sempat merekomendasikan 11@Century hotel yang berdekatan dengan KSL namun setelah dicek ternyata full booked. Akhirnya saya menemukan hotel ini tidak terlalu jauh dari KSL City Resort. Well, setelah dipikir-pikir worth to try karena sebelumnya saya juga sudah pernah menginap di properti Hallmark lain di daerah Melaka.