Kami bersepuluh terlalu excited ketika maret lalu berkunjung ke Hong Kong dan sebagai hasilnya semua hampir moda transportasi juga kami coba selama di sana. Jadi apa aja sih jenis kendaran umum, dan kendaraan jadi-jadian selama saya ada di Hong Kong?

1. Bis

Yes, ini moda transportasi pertama yang saya gunakan begitu menginjakan kaki keluar dari airport. Awalnya sih mau naik airport railink, ehh kok setelah dipikir-pikir agak mahal yah, akhirnya kami memutuskan naik bisa saja, toh memang kami tidak terburu-buru juga. Kami mengantri dengan manis menunggu kedatangan bis A11 yang memiliki tempat perberhentian tidak jauh dari hostel kami menginap.

Mengantri bis A11


Kira-kira bis yang kami naiki seperti ini (double decker)

Dengan bis yang sama kami juga berangkat kembali menuju airport di hari terakhir. Cara pembayaran bis ini bisa dengan cash ataupun dengan kartu tap Octopus (serupa ezy link milik Singapura).

2. Tram

Berhubungan jalanan di depan hostel juga dilewati tram, kami yang penasaran dengan transportasi inipun tidak mau ketinggalan. Kalo dipikir-pikir memang salah satu negara terdekat yang memiliki tram ya di Hong Kong ini (eh di Filipina ada juga ga sih?). Berbeda dengan beberapa bis dan MTR yang ongkosnya tergantung dari jarak tempuh, tram ini memiliki sistem satu biaya untuk seluruh arah, mirip transjakarta lah jauh dekat harganya sama. Yang unik dari naik tram ini adalah, penumpang naik dari pintu belakang dan turun melalui pintu depan.

Maafkan muka kami yang terlalu capai, plus hp saya baru saja pecah lcdnya hari itu


cute yahh tramnya, warna PINK

3. MTR (Mass Transit Railway)

Nah untuk yang satu ini mungkin termasuk transportasi yang paling mudah dan menjangkau banyak tempat serta objek wisata di Hong Kong. Pembayarannya juga dapat menggunakan Octopus card. Kereta bawah tanah ini juga menghubungan pulau-pulau di Hong Kong, weehhhh keren yah (lagi ngimpi suatu saat ada kereta bawah laut dari Lampung ke Banten atau Banyuwangi ke Bali). Satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui dengan pasti tujuan kita, kenapa? karena banyak tempat yang serupa tapi tak sama, nama stasiunnya seperti kebalik-balik atau terlihat mirip misalnya Sheung Wan dengan Tsuen Wan, Wan Chai dengan Chai Wan.

4. Kereta (semacam KRL)


Serupa sebenarnya dengan MTR yang membedakan adalah lokasi rel yang berada di atas permukaan jalanan tidak di bawah tanah. Hal lain yang membedakan kereta ini dengan MTR adalah cabin atau gerbongnya, di kereta ini ada gerbong kelas 1 dengan susunan tempat duduk yang menyerupai bis. Jaringan kereta ini juga tetap terhubung dengan jaringan MTR, sewaktu saya akan berkunjung ke Snoopy world, saya sempat menaiki kereta ini, tapi bukan cabin first classnya yah.


Suasana di stasiun kereta menuju ke Sha Tin

First class cabin

5. Ferry


Karena kami memang memiliki rencana awal untuk mengunjungi Macau, maka moda transportasi ini juga menjadi salah satu urutan panjang daftar kendaraan yang kami gunakan selama di Hong Kong. Selain karena lebih murah dari pesawat menuju Macau, naik ferry memiliki sensasi sendiri, jujur ada beberapa dari kami yang belum pernah naik kapal ferry. Saya sendiri juga sudah lama sekali tidak pernah naik kapal ferry. Ternyata meskipun waktu tempuh tidak terlalu lama, pengalaman naik ferry ini cukup menyenangkan.

Ferry Turbojet

6. Cable Car


Nah ini dia nih yang sempat bikin kami heboh menghadapi kenyataan harus tergantung disepanjang rel kereta gantung selama kurang lebih 30 menit ditambah dengan cuaca yang berangin. Dari jumlah kami yang ber10 ini pun terpisah 2 tim, empat dan enam. Empat orang dengan hebohnya mau naik crystal cabin, dan enam orang yang dengan hebohnya menolak naik crystal cabin. Saya? tentu saya termasuk yang enam itu dong. hahahahha

Standard Cabin

Berkabut dan berangin 
it wasn't a perfect day for cable car ride


Ini bocah yang girang banget naik Crystal Cabin

Berikut ini ada beberapa transportasi seru-seruan yang juga saya temukan di Hong Kong:

1. Bus Sekolah Snoopy

Bis gratis hihihi, tapi ga bisa jalan kemana-mana alias diam di tempat.



2. Roket

Fly me to the moon, siap-siap mau jadi astronot *put my helmet on*


3. RC Car (Remote Control)

Ada dua macam racing cars nih, yang pertama cuma display di area toys story. Satunya lagi wahananya super seru di area yang sama, serupa kora-kora di Dufan (Dunia Fantasi, Jakarta).

Misi - misi Meidi mau lewat


woozz woozz, wanna try?

4. Canoe

Ini salah satu permainan di Snoopy world, lumayan buat anak-anak bermain, bukan anak-anak aja tetap ikutan main loh.


Sayangnya selama di Hong Kong, saya tidak sempat naik taksi. Selain karena mahal, jumlah kami yang bersepuluh pastinya membuat semua jadi repot kalo musti naik taksi, butuh berap ataksi coba? Kalian punya transportasi seru juga selama di perjalanan?