Monday, February 23, 2015

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Hong Kong

Buat yang mau bepergian ke Hong Kong atau masih merencanakan pergi ke Hong Kong, ternyata ada beberapa hal yang berbeda loh di sana. Nah, biar ngga bingung atau heran nantinya, saya mau bagi info tentang 5 hal basic yang perlu kamu ketahui tentang Hong Kong.

1. Mata uang



Macam-macam uang kertas Hong Kong Dollar


Mungkin sudah banyak yang tahu yah kalo mata uang yang digunakan di Hong Kong adalah Hong Kong dollar. Jika di Indonesia mata uang rupiah hanya dicetak dan diterbitkan oleh Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) dan dikeluarkan oleh Bank Indonesia lain halnya dengan Hong Kong, di sini ga tanggung-tanggung bukan cuma satu Bank penerbit uang kertasnya tapi ada tiga, iyah TIGA yaitu Bank of China, Standard Chartered Bank dan HSBC. Jadinya jangan heran yah kalo di sana untuk nominal yang sama, kamu bisa menemukan gambar yang berbeda, bukan palsu loh tapi memang beda Bank yang menerbitkan. 

Ngomongin uang palsu, tahun lalu saat saya ke Hong Kong banyak banget merchant yang menolak pembayaran dengan uang kertas nominal 1000 HKD loh, bahkan sampai ke Disneyland. Setelah coba tanya sana-sini, ternyata saat itu sedang marak pemalsuan uang nominal 1000 HKD dan hanya beberapa merchant yang memiliki alat detector uang palsunya, sehingga banyak toko yang memilih untuk tidak menerima nominal tersebut ketimbang mengambil resiko.

Sebenarnya masing-masing bank punya ciri tersendiri loh di uang kertas hasil cetakan mereka, well selain memang pasti ada nama banknya ternyata gambar yang ada di uang kertas tiap-tiap Bank juga ada cirinya. Bank of China selalu menggunakan gambar gedung Bank of China (yang menjadi landmark di Hong Kong), HSBC selalu menggunakan gambar singa sedangkan Standard Chartered Bank selalu menggunakan gambar Naga. Sedangkan untuk warna disetiap nominal yang sama, mereka akan tetap menggunakan warna dominan yang sama.

2. Bersantap di restoran


Untung jumlah kami udah lumayan banyak, jadi jarang deh share bangku dengan orang asing


Ada habit lain juga yang mungkin tidak biasa dari kebiasaan kita di sini. Salah satu yang paling mungkin kita temui adalah kebiasaan mereka bersantap di sebuah restoran. Jika di Indonesia, biasanya apabila kita duduk di meja dengan occupancy berenam padahal kita hanya bersantap berempat, pengunjung yang lain atau staff di restoran tersebut pasti akan menunggu kita selesai makan dulu, baru memberikan tempat tersebut ke orang lain. Lain cerita kalo di Hong Kong, di sini kalian harus siap-siap satu meja dengan orang asing yang tidak kalian kenal apabila meja yang kalian tempati masih memiliki kursi kosong. 

Ada beberapa orang yang mungkin meminta izin dulu sebelum menduduki kursi tersebut, tapi ada juga yang tidak dan hal ini dinilai wajar karena memang sudah jadi kebiasaan warga lokalnya. Bahkan di HK bisa dibilang saya jarang sekali melihat orang-orang yang sengaja nongkrong bareng teman-teman dan berlama-lama di sebuah restoran. 

3. Menggunakan eskalator atau travelator



Kalo sepi, boleh lah berdiri di tengah terus foto-foto

Pernah ga sih lagi berdiri bersebelahan dengan teman di eskalator atau travelator ditegur oleh orang di belakang supaya minggir dan memberikan jalan buat yang buru-buru? Kalo di Hong Kong dan saat rush hour hal itu menjadi amat sangat sering saya temukan. Karena di sini seperti ada peraturan tidak tertulis tentang tata cara menggunakan eskalator atau travelator loh. Buat kalian yang tidak terburu-buru bisa diam berdiri di salah satu sisi eskalator dan sisi sebelahnya dibiarkan kosong untuk memberikan ruang kepada orang lain yang terburu-buru dan memilih tetap berjalan atau bahkan berlari. Untuk hal yang satu ini sebenarnya juga saya temukan di Singapura, yang membedakan hanyalah posisi berdirinya. Kalo di Hongkong sisi berdiam diri di eskalator berada di sebelah kanan, sedangkan sisi kiri untuk orang yang lewat, sedangkan di Singapura berlaku arah sebaliknya. Mungkin di beberapa tempat di Jakarta, misalnya di daerah perkantoran hal seperti ini kadang diterapkan sih, meskipun masih jarang.

4. Naik Taksi


Saya sendiri sih tidak sempat menggunakan taksi selama di Hong Kong, namun jika kalian tiba-tiba membutuhkan taksi selama di sana ada baiknya kalian memperhatikan ke mana tujuan kalian dan taksi mana yang bisa kalian naiki. Hong Kong sendiri terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Lantau Island, Hong Kong Island dan New Territories yang ternyata memiliki taksi berbeda yang beroperasi ditiap-tiap pulau. 



- Urban taxis (berwarna merah) memiliki daerah operasional di seluruh area Hong Kong, kecuali di Tung Chung Road dan bagian selatan Lantau Island.
- New Territories (berwarna hijau) memiliki daerah operasional di New Territories dan beberapa jalan di Lantau Island.
- Lantau taxis (berwarna biru) memiliki daerah operasional di Lantau Island dan bandara.

5. Bertanya di jalan


Ada sebuah pribahasa "malu bertanya sesat di jalan", meskipun sekarang jaman sudah canggih, ada map hingga penunjuk arah di smartphone, namun tidak bisa dipungkiri terkadang bertanya arah tempat kepada warga lokal di jalan menjadi solusi yang cepat dan masih bisa diandalkan. Di Hong Kong sendiri, saya pernah beberapa kali bertanya arah atau lokasi toko tertentu ke warga setempat. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, orang Hong Kong terkenal dengan pergerakannya yang gesit dan terkesan terburu-buru sehingga beberapa orang mungkin berpikir bahwa mereka ketus atau galak karena menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan singkat, padat dan cepat. 

Mungkin memang ada beberapa orang yang tidak suka ditanya karena akan menghabiskan waktu mereka, tapi rata-rata orang yang dimintakan tolong mau membantu menunjukan arah kok dengan jawaban yang singkat, padat dan jelas. Untuk mengimbangi, sebaiknya kita juga bertanya hal dengan cepat dan jelas, karena saya pernah punya pengalaman bertanya arah dan orang yang saya tanya terlihat kesal gara-gara saya terlalu banyak basa basi, padahal saya bermaksud sopan dengan bilang "Hello, excuse me, can you help me please? Do you know where is Charlie Brown's Cafe?". OK next time nanya jalan, langsung to the point aja deh.


GIVEAWAY {CLOSED}



Nah untuk pilihan lokasi wisata dan info-info penting lainnya, bisa banget nih baca buku yang satu ini. Kebetulan, sore ini saya baru aja selesai membaca buku travelling karangan salah satu travel blogger kece kak Tesya dari tesyasblog.com di buku ini, kak Tesya ngga menulis sendirian tapi ditemani salah satu temannya yaitu Deasy Herlangga. Info tempat-tempat seru untuk travelling bareng keluarga dikupas habis di buku ini. Mulai dari info makanan, tempat menginap, wisata berbayar, wisata gratis, transportasi dan masih banyak lagi. Eh berkat buku ini juga, saya jadi tau ada Pulau Cheng Cau yang berjarak hanya sekitar 35 - 45 menit dengan feri dari Central Ferry Pier yang memiliki wisata pantai dengan ombak yang tenang dan beberapa kuliner menarik yang di sana.


Congratulation To:

AisyahIstianingsih @istianingsihh
Tipah DR @tipatipah
Dian Rustya @awardeean

Thank you yang sudah ikutan :* 

62 comments:

  1. Ehem.

    Akun twitter masih tetep di @mareretha
    Email aktif juga sama di primariayu@gmail.com

    Yah, pokoknya remember me lah, Mei ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. bu dokterrr, makasih udah mampir *tuker resep*

      Delete
  2. pagi2 lgs ikutan :D Twitter mah ttp @f4nf4n ya Mei

    Uang HKD ini emg rawan banyk dipalsukan.. Makanya aturan utk setoran uang ini di bankku cukup ketat.. Cuma terima thn penerbitan 2003 keatas.. di bawah itu pasti ditolak.. Tapi kalo di Hongkongnya sendiri denom 100an ditolak, ya piye ya... kalo kesana mnding bawaan pecahan 1000an apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener kan nominal 100HKD itu susah deh dipake transaksi :(( *disitu kadang saya merasa sedih*
      untungnya waktu di bandara langsung dipakai buat beli octopus heheheheheh

      Delete
  3. salam kenal mbak mei,, ikutan boleeh? hehe..
    udah ditweet,
    emailnya azita.febriani@yahoo.com
    makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii Azitaaa
      salam kenal juga, ihh boleh bangett ikutaan, makasih yah udah mampir dan ikutan
      semoga beruntung :)

      Delete
  4. 6 th lalu ke hongkong dan sampai sekarang blm balik lagi. Pingin balik dan kulineran yg endes2 itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi tahun ini mau bikin plan kancutan di Hong Kong nih om?

      Delete
  5. pas pertama lihat foto uangnya itu emang bingung sih kok beda2, dan nama bank ditulis lumayan gede, ternyata baruu tauu kalu penerbitnya 3 bank..kalo di indonesia gak kebayang sih teh,, 1 bank aja suka banyak yang palsu :D
    teh meii,, asik bener itu jalan-jalan rombongannya banyak bangett.. aku rasanya susah banget ngumpulin temen sebanyak itu jalan-jalan bareng :'(( *jadicurhat :p

    ehhh ada giveaway disiniii..mariih ikutann :))
    1 dan 2 done teh meii
    ini twitterku yaa teteh @retnoandriani belum ganti kok :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah pas di sana aja kita sampe sengaja ngumpulin uang yang beda-beda terus langsung difoto,

      itu tadinya cuma ber6 loh, lalu tiba-tiba bertambah 4 lagi, seru-seru ribet sih kalo tim horenya sebanyak itu, banyakan serunya sih :))

      thank you teh enoo udah ikutan giveaway nya

      Delete
  6. waaah, serunya yaa :D
    ikutan giveawaynya ya say..
    @ishavanisa
    ishavanisadesfriani[at]gmail[dot]com

    semoga sukses selalu :)

    ReplyDelete
  7. Hai Mei, daku nyoba komen lagi ^_^ *Semoga percobaan yang kesekian ini berhasil "lolos"*
    Poin ke-5-nya penting banget buat dicatet, soalnya sering sungkan klo nanya2, jadinya pake icebreaking dulu #halah

    Oiya, daku ikut GA-nya yaaa
    Nama : Dian
    Twitter : @awardeean

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bener, kita kan cewe-cewe baik hati kan, pasti pake basa basi karna ga enak :)) di sana ga ngaruhh :)) malah dijutekin

      thank you udah ikutaan :3

      Delete
  8. duuhhh pengen family backpacking ke HongKong kayak kak Tesya *brb bikin anak*

    Nama : Dita
    twitter : @rintadita
    email: rintaadita@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. *masukin bahan ke microwave*
      *tiiinggg*
      *suguhin* *udah jadii*
      hahahahahahhahaha

      Delete
  9. email address : zahhanif@gmail.com
    twitter ID : @azhanifa

    Jadi pengin ke Hongkong *nabung dulu*
    Paling favorite dari 5 basic adalah Bersantap di restoran. Hahaha :D
    Semua negara pasti punya tempat tertentu yang khas tapi makanan khas menurutku paling wajib dicoba bukan cuma mengunjungi tempat khasnya aja. Soalnya belum tentu pas pulang ke negara asal bisa nyoba seperti yang di dicoba di LN. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah aku kaget loh pas awal-awal ngeliat ada mas-mas tiba2 duduk di bangku yang ga jauh dari aku, kebetulan waktu itu kursinya kosong satu, heheheh ternyata emang begitu di sana

      Thank yoou yah sudah ikutan giveawaynya

      Delete
  10. hai kak :)
    kebetulan nih aku lagi emang lagi minat bgt buat pergi ke hongkong, makasih ya udh share info ini :)
    aku ikutan giveawaynya yaa, semoga aku bisa menang dapetin buku ini, buat bekel gitu sebelum pergi ke hongkong hehe :)

    thx ya kaa

    twitter : @fadilaalg
    email : sakurasaionji@rocketmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fadila :) Good luck yaah

      wuih seruu banget mau ke HK, aku juga pengenn nih main ke sana lagi huhuhuhu

      Delete
  11. waah kalo saya sih males bgt harus berbagi tempat duduk sm orang lain saat makan, apalagi sm orang asing wkwk..

    ikutan GA nya ya mbak, siapa tau kalo saya menang, saya bisa langsung cabut ke hongkong haha :D
    twitter : @tipatipah
    email : white_tralala@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya kali di sini pasti canggung banget sih yah, tapi biasanya kalo di kedai fast food yang ramai dan saya lagi sendiri, biasanya saya sering mempersilahkan orang-orang yang nyari tempat duduk kalo memang di tempat saya masih cukup heheheh

      good luck yahh semoga beruntung dapat bukunya :)

      Delete
  12. Gw trakhir ke hongkong kmaren juli waktu transit plg pergi ke NY naik cathay pacific, tapi ya gitu udah males explore abis Hkg kan gitu2 ajah ngga kayak Spore yg sering upgrade. Mau jajan2 cantik juga dimana2 banyak gak halalnya, ya udah tawaf aja di FO Citymall Tung Chung, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sih yaa, SG mah treatment buat turisnya gila-gilaan ahhha ada aja tempat baru di SG, aku baru sekali sih ke HK dan belum explore banget kak, makanya pengen :D

      City Mall Tung Chung itu yang disamping stasiun MTRnya yah?

      Delete
  13. Waah, menarik banget kak! Jadi pengen ke HK suatu hari nanti ^^
    Ikutan giveawaynya boleh?

    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Rini udah ikutan Giveawaynya :) ditunggu yah email dari saya untuk alamat pengiriman Kartuposnya :)

      Delete
  14. wah menarik dan renyah uraiannya tentang hongkong. Setelah baca ini aku jadi memasukkan hongkong dalam list liburan (yang nggak tau kapan) wkwk. Btw aku ikut giveaway-nya juga

    twitter : Jm_nim
    email : Wulida.nadhila@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, seru kok main di HK, buat solo trip juga seru kayaknya

      Thank you ya Wulida udah ikutan Giveawaynya, ditunggu yah email dari saya untuk alamat pengiriman Kartuposnya :)

      Delete
  15. Menarik sekali infonya, saya jadi ingin pergi kesana bersama keluarga,
    btw, saya ikut giveaway ya
    @deffi_qalbar
    yakamurahiroshi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Deffi, thank you sudah mampir :D
      di HK banyak banget destinasi liburan buat keluarga loh, yukkk diajak keluarganya trip ke HK

      Thank you yaahh udah ikutan Giveawaynya, ditunggu yah email dari saya untuk alamat pengiriman Kartuposnya :)

      Delete
  16. wah hongkong ! aku jd pingin bgt ksana, kmaren ada temen baru pulang dr sana ceritanya macem2 haha jd envy huhu~
    oiya td aku udh twit buat GA nya ya.
    twitter aku : @nisaarira

    salam kenal kaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nisaa salam kenal jugaa :)

      wahh seru banget, temennya punya blog juga ga? jadi pengen baca ceritanya juga

      Thank you ya nisaa udah ikutan Giveawaynya :) ditunggu yah email dari saya untuk alamat pengiriman Kartuposnya :)

      Delete
  17. Email : aysaist@gmail.com
    Twitter : @istianingsihh

    ini bukti twit-nya kak --> https://twitter.com/istianingsihh/status/573003956172947456

    artikelnya menarik sekali, ditulis dengan bahasa yang nyaman dan mudah dicerna

    makasih ya kak udah sharing nih tentang hongkong dan itu semua pengetahuan baru semua buat aku, beneran deh !
    Mulai dari bank percetakan uangnya , sampai 3 buah ternyata di hongkong, kedua tentang tempat duduk kalau makan di restaurant, kalau di Indonesia mah ikut nimbrung makan di meja orang mah segan, apalagi yang lagi berduaan *ehem*.
    Semoga nih bisa dapat hadiah giveway dari kakak, supaya bisa dapat fakta - fakta menarik lagi nih tentang hongkong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aisyah :)

      thank you udah ikutannn, ditunggu emailnya buat nanya alamat untuk Kartuposnya yaah :)

      Delete
  18. Eh waktu aku nanya jalan di hongkong, banyak yg ngak bisa kasih jawaban memuaskan. akhirnya gw muter2 ampe pusing capek trus ujung2 nya pake google maps

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi aku jarang sih nanya jalan om cum, biasanya cuma nanya nama toko aja, tapi udah di jalan yg kita tuju gituh, soalnya emang jujur aku ga suka nanya org di jalan sebenernya :))

      Delete
  19. paling suka yang soal uang. baru tau Hong Kong Dollar dicetak oleh 3 bank berbeda. Tapi secara de facto dia itu masih bagian Cina sih, jd Cina msh bertanggung jawab soal keuangannya.
    Dan soal yang eskalator juga keren tuh, perlu juga diterapkan di Indonesia hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah :) aku ngehnya pas di sana,
      pas temean-teman lagi ngumpulin duit ke aku, baru sadar kalo beda-beda

      Delete
  20. aku tertarik pas ngebahas soal uang itu, selama ini aku sering ke hongkong tapi ga pernah ngeh kalo HKG$ itu beda2 ya, wah terus kalo ternyata ditemukan ada uang palsu gimana ya, jadi ngeri deh.
    super nice post and nice blog, keep blogging nice to meet ya :)

    http://litarachman.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyah Lita, aku juga ngehnya pasti abis jejerin uang yang lagi aku keep, *biasa jadi bendahara kelompok*

      waktu itu malah banyak yg ga mau terima uang 1000 dollar uwiihh repott

      Delete
  21. Wah yang makan di restoran itu bisa jadi info penting buat yang baru pertama kali ke Hongkong, supaya tidak culture shock :D

    Gayahidupku.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iyahh, biar ga bengong pas tiba2 ada yg duduk di sebelah kita

      Delete
  22. Jadi pengen berwisata ke hongkong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo dimasukin ke bucketlist dulu :) nanti sambil cari-cari tiket promo ke Hong Kong

      Delete
  23. Eskalatornya keren banget, kelihatan eksklusif banget. :D

    ReplyDelete
  24. Kalau ada rejeki jadi pengen main ke Hongkong. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn :) jangan lupa hunting tiket promonya kak

      Delete
  25. Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (bishopjakesloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  26. Kami telah menyiapkan untuk membantu orang membutuhkan bantuan, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 3%, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda memiliki kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau untuk melunasi tagihan, memulai bisnis yang bagus, atau Anda telah menemukan sulit untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, silahkan hubungi kami melalui e-mail: trustfunds224@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda dalam setiap jenis kesulitan keuangan? Kebutuhan pinjaman untuk konsolidasi utang, konstruksi, pinjaman real estate, pembiayaan kembali, pribadi, tujuan bisnis atau uang darurat? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita yang berpikir untuk memperluas bisnis Anda menawarkan pinjaman dari semua jenis. jika tertarik hubungi kami hari ini melalui (bishopjakesloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  28. wah beda ya sama makan di restoran-restoran di Indonesia :o makasih tipsnya

    ReplyDelete
  29. Tips buat travelator jangan lupa pake boots dr martiens, jalan jauh kaki ga pegal XD

    ReplyDelete
  30. jangan Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan perusahaan yang berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimal 50 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Auto Pinjaman
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Loan, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami credithome001@gmail.com
    Allah segala sesuatu mungkin

    ReplyDelete
  31. KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9million masih saya tidak mendapatkan pinjaman, happend kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Dewi Ahmad Dewi Ahmad Badan Kredit, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    ReplyDelete
  33. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    pinjaman, pinjaman mahasiswa, hutang pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau kau menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    financialloanservice@consultant.com
    financialoanservice@gmail.com

    Terima kasih,
    mrs Felicia

    ReplyDelete
  34. KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Saya seorang investor / Lender.We fokus pada Capital Bibit, Awal-Stage, Start-up Ventures, LLC yang ada dan jumlah penyelesaian dan perluasan proyek investasi dengan segera funding.Have background.With koneksi berukuran raksasa perusahaan dan pribadi yang luas portal.Can kelebihan dana dari $ 5M beberapa proyek, Equity, hipotek dan terbuka untuk jangka panjang biz r / kapal dengan pasangan dengan dana mempertahankan perusahaan kami 3 kebijakan menang. E-mail: jon.krueger@outlook.com

    ReplyDelete
  36. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  37. Anda membutuhkan pinjaman asli untuk tujuan bisnis atau untuk membayar kontak utang Anda Mr Kellie Wilson sekarang untuk pinjaman asli melalui email: Oceanicfinance113@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Anda membutuhkan pinjaman asli untuk tujuan bisnis atau untuk membayar kontak utang Anda Mr Kellie Wilson sekarang untuk pinjaman asli melalui email: Oceanicfinance113@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

Thank you for comment :)