Sunday, July 26, 2015

3 Food Court Seru untuk Ngumpul Bareng Keluarga dan Teman di Jakarta

Punya rencana mau mampir ke Jakarta dalam waktu dekat ini? atau ada teman dari luar kota atau luar negeri yang mau mampir ke Jakarta? Bingung mau rekomendasiin tempat makan yang banyak makanan Indonesia dan juga makanan luar sekaligus? 

Biasanya beberapa tempat makanan favorit di Jakarta berada di beberapa tempat terpisah, nah pasti repot kan kalo musti ajak keluarga atau teman-teman yang memiliki kegemaran makanan yang berbeda. Biar bisa tetap ngobrol dan makan bareng-bareng namun dengan menu yang bisa dipilih masing-masing, coba aja ke food court rekomendasi saya berikut ini. Hampir setiap mall besar sebenarnya memiliki food court sendiri, tapi saya pilih food court, yang tidak hanya memiliki banyak menu makanan dari resto-resto favorit, tapi juga mempunyai interior cantik dan beberapa tempat ini juga menyajikan makanan dengan presentasi yang cantik (biar bisa tetep eksis di Instagram dan Path kan).

1. DapuRaya


Food court yang pertama ini berlokasi di Blok M, tepatnya di Pasaraya Blok M. Makanan yang ditawarkan di sini banyaakk banget, sebagian besar adalah menu favorit kuliner Indonesia, iyah Indonesia bukan makanan Jakarta aja. Dari Sate lilit Bali, pempek Palembang sampe Papeda bisa kamu temuin di tempat makan ini. Tidak hanya berbentuk kios, ada juga gerobak-gerobak jajanan kaki lima, seperti rujak bebeg, kue cubit, kerak telor sampai gerobak penjual empal gentong.



Kalo mau menu diluar masakan Indonesia tetap bisa kok, di DapuRaya juga ada menu makanan Jepang, makanan Barat hingga makanan Chinese. Interior DapuRaya juga di desain keren dengan menambahkan pernak-pernik khas Indonesia yang membuat food court ini tambah cantik, fotogenik dan instagramable.

Menu favorite saya di DapuRaya : Pempek Palembang "Rita", Sate Padang Ajo Ramon

2. Eat & Eat

Rekomendasi saya berikutnya adalah food court ini, Eat & Eat. Masih serupa dengan DapuRaya, di tempat ini juga menghadirkan menu makanan Indonesia dan makanan luar. Untuk menyantap makanan di foodcourt ini, sebelumnya pengunjung harus membeli kartu khusus yang harus di top-up dengan sejumlah uang yang akan digunakan untuk membeli makanan di tiap-tiap gerai. Jika masih ada sisanya, masih bisa di redeem kok (s&k berlaku). 

sumber gambar atas kiri & kanan: Facebook Page Eat & Eat


Di Jakarta, gerai Eat & Eat ini bisa kamu temukan di beberapa pusat perbelanjaan seperti; Mall Kelapa Gading, Pluit Village, Kota Kasablanka, Fx Sudirman, Gandaria City dan Pejaten Village. Untuk tenant yang ada di Eat & Eat tidak sama untuk semua lokasi. Satu lagi, food court satu ini juga punya delivery service loh, cek websitenya untuk menu-menu yang ada di setiap gerai Eat & Eatnya yah.


Gerai Eat & Eat (Ah Poong) di Sentul

Menu favorite saya di Eat & Eat (Gandaria City) : Nasi Goreng Babat, Bubur Ayam Cianjur, Chicken Rice, Snow Ice

3. Urban Kitchen



Sama halnya seperti Eat & Eat, Urban Kitchen juga memiliki beberapa gerai di pusat perbelanjaan di Jakarta, seperti Senayan City, Plaza Indonesia, Pacific Place dan Central Park. Sebelum berubah konsep, food court ini memiliki konsep yang hampir mirip dengan food court pada umumnya yang terdiri dari beberapa vendor makanan. Pembayarannya sudah elektronik menggunakan kartu khusus, namun berbeda dengan Eat & Eat yang melakukan top up kartu di depan, di Urban Kitchen pembayaran justru dilakukan di belakang. Pengunjung akan lebih dulu diberikan kartu, di setiap tempat kita memesan makanan kartu akan dimint akasir untuk disimpan transaksi pembelanjaannya dan akan dikalkulasi di kasir sebelum pintu keluar. 


Urban Kitchen yang paling sering saya datangi adalah gerai yang berada di Pacific Place, karena ini gerai pertama Urban Kicthen dengan konsep terbaru dan paling dekat buat saya. Di konsep terbarunya, selain konsep tenant makanan yang berubah, interiornya juga ala cafe, sumpah kece. Satu lagi hal yang menarik adalah Warung 100 harinya. Di Urban Kitchen konsep baru ada 5 "warung" makanan lokal yang berasal dari kedai-kedai makanan Indonesia terkenal dan akan berganti tenant setiap 100 hari.

Menu favorite saya di Urban Kitche (Pacific Place) : Bento Set (Katsu atau Karage), Dimsum, Ice cream Toast

Kalo perut udah kenyang, sekarang saatnya istirahat nih. Buat teman-teman yang berkunjung dari luar Jakarta dan bingung mencari hotel, bisa dicoba loh travelio.com. Situs booking hotel online ini punya konsep yang unik loh, harga hotelnya bisa DITAWAR!! dan cara penggunaannya juga mudah loh 



1. Pilih hotel yang kamu inginkan
2. Pilih jenis kamar yang diinginkan
3. Mulai TAWAR harga kamar, yang perlu diperhatikan adalah tawar-o-meter, saat kamu memasukan harga yang diinginkan coba pastikan jarum tawar-o-meter menunjukan ke warna kuning



4. Apabila harga kamu ditolak, coba lagi menaikan harga sedikit (mirip deh sama tawar-menawar di pasar dan mall), dan begitu harga disetujui, kamu tinggal langsung melakukan pembayaran, bisa via Credit Card, Internet Banking atau Bank Transfer (mudah kan!)




INGAT!! Harga yang kamu bayar sudah termasuk Tax & Service loh



psstt sekilas info, rencananya travelio akan dibuat appsnya di Android loh, wah bakalan makin mudah deh.

Follow juga akun twitter @geretkoper dan akun Instagram @meidianakusuma untuk info terbaru dan foto-foto seru selama perjalanan.

13 comments:

  1. Mencari kuliner di Jakarta itu tidak susah ya, Kak. Cuma butuh dompet yang tebal, agar bisa bersilancar ke Dapur Raya, Eat and Eat, dan sebagainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah iyaahh bener juga :))
      kalo udah deket akhir bulan ngemie rebus aja deh aku mah

      Delete
  2. Kalau saya suka food court di SkyDining Flaza semanggi.
    Varian menu makanannya tidak terlalu banyak sih tapi saya suka view gedung-gedung tinggi jakarta dari ketinggian lantai 10.

    jadi kapan nih saya diajak mengunjungi satu dari tiga tempat diatas?
    hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh aku juga dulu suka banget sama sky diningnya plangi, tapi sekarang udah ga terlalu sering ke sana, semenjak kejadian konyolnya temen aku kak hahahahahah :))

      Delete
  3. Saya juga suka santap siang di food court-food court tematik seperti Eat & Eat atau DapuRaya Mbak :hehe. Pilihan makanannya banyak dan rasanya enak, porsinya juga sesuai. Cuma saya mesti setuju dengan Mbak Evi kalau untuk di sana mesti punya anggaran yang tidak sedikit :hehe :peace. Kecuali kalau saya ditraktir (iyalah :haha).

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha benyeerr, tapi kadang emang tempat ini paling enak buat ngumpul, jadi yg punya selera beda-beda tetep bisa makan barengan

      Delete
  4. Emang ya makan di foodcourt kadang paling enak. Banyak pilihan, harga terjangkau, semua jenis ada...haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh, aku tuh sekeluarga fave foodnya beda-beda, kalo dateng ke food court kayak gini udah paling bener Shaa

      Delete
  5. Ah mei tku elu tertarik nulis ini kpn2 temenin gw food court yoo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukkkk, gue di tiap-tiap tempat di atas punya menu fave masing2 dii :)) :))
      kalo buat dessert yg paling instagramable mah di Urban Kitchen

      Delete
  6. food court Ambassador aja lah aku mah, deretan manado nyumehhh ha ha ha

    yg di eat & eat dan urban kitchen dulu udah sering tp taste menu nya gak begitu ok imo sih...tapi nyaman aja karena ber AC dan bersih :)

    btw itu pasaraya masih ada gitu?


    * * *

    Jalan2Liburan → Weekend Well Spent in Disneyland Paris

    ReplyDelete
  7. Dapuraya jarang banget kesana, kalo eat & eat lumayan lah. Tapi kok gw demen nya makan di jembatan ambas hahaha

    ReplyDelete
  8. Makan di kaki lima tidak ada yang melarang, tetapi sebaik mungkin perhatikan packaging makanan yang anda gunakan. apakah aman untuk kesehatan Anda? Oleh sebab itu, mulai sekarang ayo gunakan kemasan makanan Greenpack! Kemasan Makanan ramah lingkungan juga sangat aman untuk makanan.

    Informasi lebih lanjut tentang kemasan ini dapat Anda temukan di sini : http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

Thank you for comment :)