Tuesday, August 18, 2015

Beli Oleh-oleh dari Seluruh Indonesia di SMESCO Jakarta


Masih teringat jelas chat di aplikasi whatsapp saya dengan salah seorang food blogger kenalan saya yang berasal dari Penang,

Fyi, dia chatnya pake bahasa inggris, tapi aku translate aja biar lebih cihuy.
Her : "Mei, aku jadi ke Jakarta yah akhir Mei ini"
Mei : "yeaayyy, mau diajakin ke mana aja nanti?"
Her : "Udah punya beberapa list cafe lucu-lucu sih, tapi teman aku nanya tempat beli oleh-oleh di mana ya? ada ide? tempat yang seperti Pasar Seni KL misalnya"
*JLEB* saya terdiam cukup lama sambil berpikir keras dalam hati. Selama ini kan saya ngga pernah beli oleh-oleh khusus, well kecuali dari luar daerah. 
Mei : "Ada tempat Sarinah sama Alun-alun of Indonesia sih di dalam mall tapi"
Her : "Di dalam Mall? pricey yah pasti"
Mei : *diem ngangguk* "Iya agak mahal pastinya, aku ga tau lagi soalnya euy"

Pernah kebingungan kayak gitu juga? ternyata bukan saya aja loh yang kebingungan setengah mati pas ditanya di mana tempat oleh-oleh khas Indonesia di Jakarta. Sebelumnya saya sudah sempat bertanya ke beberapa teman, namun jawaban mereka rata-rata sama, ujung-ujungnya si ke dua tempat di mall itu. 

Ternyata jika teman-teman bingung mencari oleh-oleh khas dari seluruh Provinsi di Indonesia, SMESCO Indonesia jawabannya. Hal ini juga baru saja saya ketahui minggu lalu sih. Gedung SMESCO berada dibawah naungan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), gedung yang berada di pinggir jalan MT. Haryono ini sebetulnya sudah lama saya sadari keberadaannya, tapi selama ini saya hanya tau tempat itu kerap dijadikan sebagai tempat pameran atau gedung tempat pernikahan. Di dalam gedung ini terdapat UKM Gallery, Paviliun Provinsi, dan yang sedang dibangun adalah Galeri Indonesia Wow.

UKM gallery

Saya sempat kaget begitu mengetahui ruang ini ternyata sudah diresmikan dari tahun 2009, mennn kemana aja saya selama ini? Di ruangan yang terdiri dari 2 lantai ini, berisi berbagai produk-produk kerajinan, dari batik tulis, aksesoris dari manik-manik, hiasan dari perak, kain-kain songket hingga radio bergaya vintage hasil karya anak bangsa.
UKM Gallery ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 9 malam, barang-barang yang dijual di tempat ini berasal dari UKM yang tersebar di 19 provinsi di Indonesia.

Cakep banget yah warna-warni baju batik anaknya

Salah satu produk favorit aku, si radio kayu dengan model vintage
Ternyata kerajinan perak khas Yogya juga bisa beli di sini

Paviliun Provinsi

Sesuai dengan namanya, Paviliun Provinsi ini berisi barang-barang kerajinan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Barang-barang didatangkan langsung dari provinsi-provinsi yang bersangkutan sebagian dibawa langsung oleh pemerintah provinsi terkait, dikirim, ada juga yang dijemput bola oleh pihak kementerian Koperasi dan UKM. Saat ini Paviliun Provinsi sudah mencakup 33 provinsi, dan akan dilakukan penambahan satu paviliun baru lagi yaitu Paviliun Kalimantan Utara untuk mengenapkan jumlah Provinsi kita yang saat ini berjumlah 34.

 Paviliun DKI Jakarta

 Paviliun Aceh

Paviliun Indonesia ini menempati ruangan yang berada di 4 lantai terpisah, lantai 15, lantai 12, lantai 11 dan lantai 3. Paviliun Provinsi di SMESCO tower ini tidak tersusun berurutan, jadi sebenarnya agak sedikit susah jika ingin mencari paviliun provinsi tertentu.  Selain bisa kamu cek list provinsinya di sticker yang dipasang di pintu lift, bisa juga langsung ditanyakan ke staff setempat. Mereka akan memberitahu kamu letak paviliun provinsi yang sedang kamu cari, tapi saran saya sih lebih baik jelajahi semuanya. Untuk mempermudah kalian, saya juga berhasil menuliskan provinsi apa saja yang ada di satu lantai (bisa dicek di bawah).

 Ga kalah sama Jam kunonya Junghan kan?

 Miniatur perahu kayu di Paviliun Papua Barat

 Gantungan kunci etnik di Paviliun Papua

Ternyata setiap staf yang berjaga di paviliun provinsi memiliki pengetahuan yang cukup dalam tentang budaya, kerajinan tangan dan beberapa hal yang berasal dari provinsi tersebut loh. Saat saya dan beberapa teman sedang melihat-lihat aksesoris anting dan kalung di Paviliun Maluku, seorang staf mengahampiri dan memberitahukan kepada kami, kalo aksesoris itu tidak dibuat dari plastik, melainkan dari sisik ikan kakap yang dikeringkan. Kami yang semula hanya melihat sepintas, kembali mengamati aksesoris tersebut lebih detail. 

 Kak Fahmi dengan Songkok khas Gorontalo

 Akesoris cantik dari sisik ikan kakap - Maluku

 Kerajinan khas NTT (sebelah kiri bawah itu miniaturnya Sasando)

Lain lagi cerita dari Paviliun Gorontalo, saat saya sedang mengamati beberapa gantungan kunci kayu yang dipajang di depan seorang staf juga menghampiri dan menjelaskan bahwa bentuk dari gantungan kunci tersebut adalah miniatur dari alat musik tradisional khas Gorontalo yang bernama Polo Palo, sebuah alat musik pukul.

Beberapa teman langsung spontan berebutan syal tenun ikat di Paviliun NTT dan NTB. Salah seorang dari mereka bercerita, sewaktu ke sana ngga sempat cari tenun ikat dan ternyata di sini ada banyak dan harganya tidak mahal. Selain cash, transaksi di UKM gallery dan Paviliun Provinsi dapat menggunakan kartu debit.

Direktori Paviliun Provinsi
Lantai 15 :
Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Jambi
Lantai 12:
Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Kalimatan Barat, Riau
Lantai 11:
Di Yogyakarta, Aceh, NTB, Lampung, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Barat, Maluku Utara
Lantai 3:
Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, NTT
Galeri Indonesia Wow

Ini adalah proyek terbaru dari Kementrian Koperasi dan UKM, saat ini masih dalam tahap pembangunan. Rencananya di ruangan tersebut akan terbagi atas 5 diferensiasi, dari Experiment lab, Curated concept store, Co Working space, Investor meeting place dan Creative hub. Pembangunan galeri juga hasil kerjasama PT. Astra International untuk re-layout UKM Gallery, blibli.com untuk membantu e-commerce dan LPP-KUKM sebagai tim operasional di Galeri Indonesia Wow.

Masih bingung cari oleh-oleh dari penjuru Indonesia? Mampir ke gedung SMESCO aja, tapi siap-siap pegangin dompet erat-erat yaah



29 comments:

  1. serius baru tahu SMESCO ? kalah ah ama gw :))

    → Jalan2Liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iyahh, aku belum pernah masuk, baru sekali kemarin itu kak :)) :))

      Delete
    2. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Buruan ikutan dan jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. oooooh ini jadi kayak PRJ gitu yaaa, ada stand2 dari seluruh provinsi tapi gak perlu nunggu setahun sekali, ahhh kece!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, kemarin aku norakk, berasa di inacraft gitu deh ahahha

      Delete
  3. Replies
    1. Ini acaranya sekalian kopdar sama Fahmi :D

      Btw nice review, Mei! Suka fotonya deh, pake lensa apa sih?

      Delete
    2. @kak Noni,
      iyahh kemarin kan ada meet n greet #MENGECUPDunia kak ahhahahah

      @kak Taufan
      aku pake fixed lens 50mm

      Delete
  4. Kalau nggak inget lagi nabung, pasti lebih kalap buat belanja dah kemaren :D Dan sekarang dah enggak bingung lagi ya, kalau ngajakin temen luar negeri buat belanja di mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha ini juga kalo nyokap yg dateng bisa kalap diaa, banyak banget pilihan batiknya :))

      Delete
  5. Jadi sekarang kita punya tempat khusus untuk membawa kolega dari manapun mereka datang ya Mbak Mei...Dan anak-anak muda yg kreatif bisa ikut bantuin menjual dengan beli langsung ke produsennya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah jadi ga gagap lagi kalo ada yg nanya beli oleh-oleh dr Indonesia di mana :))

      Delete
  6. astagaaa.. masa saya baru tau bisa beli oleh2 dari seluruh indonesia disini??

    kapan-kapan kesana ahhh..
    hehehehe..
    *shopping mode ON*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, jadi kalo waktu berkunjung ke daerahnya ga sempat beli apa-apa, tempat ini ngebantuuu banget

      Delete
  7. Ya ampun Smesco ini bukannya udah lama banget yaaa...gw sih males belanja disini, mahal2, mendingan beli di pengrajinnya langsung kalau sembari jalan..tapi kalau lg kepepet kelupaan beli oleh2 mungkin bisa laah, saingannya Pasaraya blok M...hihihi


    Just posted Main ke Dusun Bambu Bandung | The Traveling Cow

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tapi tetep paling praktis dan koleksinya banyak banget sih kak itungannya, aku soalnya kadang suka males beli oleh-oleh kalo lagi pergi *males bawain pulangnya* hahaha
      atau minimal kalo ada temen dari luar yg nyari oleh-oleh khas Indonesia jadi bisa diajakin cusss ke sini yah :))

      Delete
  8. hahaha memang menarik ya kalau berkunjung kesini hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaahh dan gue nyesel kemarin ga beli apa-apa :))

      Delete
    2. Sorry kalo boleh tau, items di sana untuk harganya kisaran brapa yaa? Makasiii

      Delete
    3. Sorry kalo boleh tau, items di sana untuk harganya kisaran brapa yaa? Makasiii

      Delete
  9. itu yang baju batik buat anak-anaknya lucuuuu >,<
    kalau kayak tempat makan minum gitu ada disediain juga gak disini mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di dalam gedung UKM Gallerynya sih ga ada mba, tapi di sebelah gedung itu ada Sevel, sama mungkin seharusnya ada kantin karyawan yah

      Delete
  10. Waaaaa ada penampakanku disitu! aku terharu Mei...
    senang ya akhirnya bisa kopdar nggak sengaja di SMESCO. semoga ada kesempatan lain untuk ngobrol lebih banyak lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha akhirnya yahh meet n greet juga kak :))
      next time ketemuan lagi yah kak, buku Menghirup Dunia punyaku belum dikecup

      Delete
  11. itu yang baju batik buat anak-anaknya lucuuuu >,<
    kalau kayak tempat makan minum gitu ada disediain juga gak disini mbak?

    ReplyDelete
  12. wah barangnya keren n kece banget, baru tau kalau ada barang yang complait disini.

    ReplyDelete
  13. barang2nya kece2 banget bro sisi, harus kunjungi tempat nih untuk beli barang2

    ReplyDelete

Thank you for comment :)