Monday, August 17, 2015

Masjid dan Fasilitas Shalat di Singapura


Singapura memang bukan merupakan negara yang mayoritas beragama Islam, namun negara ini termasuk negara di ASEAN yang muslim friendly loh dan 
mengingat besarnya potensi wisatawan muslim di Singapura, merekapun memperbanyak fasilitas untuk wisatawan muslim bahkan hal tersebut menjadi salah satu agenda tourism mereka. Sebagian besar para pejalan yang sudah mengunjungi Singapura mungkin sudah familiar dengan Masjid Sultan yang terletak di Arab Street (Jalan Arab) di daerah Bugis. Tapi apakah kamu tau, selain masjid tersebut ternyata banyak mesjid lain atau tempat untuk salat di penjuru Singapura, bahkan di daerah wisata sekalipun.

Kadang yang menjadi kendala seseorang berkunjung ke suatu tempat adalah informasi mencari jalan/tempat, mencari tempat makan dan mencari tempat Ibadah, bahkan official website negara itu sendiri masih jarang yang mengakomodir hal ini. Untuk mempermudah teman-teman dalam mencari fasilitas shalat selamat travelling di Singapura, berikut ini beberapa list Mesjid/Masjid, Mushola ataupun tempat yang biasa digunakan untuk shalat di Singapura berdasarkan dari beberapa info yang saya dapat dan juga pengalaman pribadi:

1. Changi Airport

Di Changi Airport yang terkenal sebagai airport paling nyaman sedunia ini, kalian tidak perlu khawatir kerepota mencari tempat shalat, karena airport yang saat ini sedang melakukan pembangunan untuk penambahan terminal ini memiliki tempat/fasilitas untuk shalat di setiap terminalnya.
a. Terminal 1
Terletak di areal transit lantai 1 dan terletak persis di bawah pintu ruang tunggu date C1 di dpintu kedatang barat (Arrival Hall West)
b. Terminal 2
Terletak di areal transit (departure hall lounge north) lantai 2, dekat gate E di belakang store ALDO.
c. Terminal 3
Terletak di areal transit (departure hall lounge south) lantai 2, di belakang store Mont Blanc.

2. Orchard Area

Fasilitas shalat di areal yang terkenal dengan pusat belanjanya Singapura ini terletak di beberapa mall besar, diantaranya:
A. Wisma Atria
Terletak di areal parkir lantai 7, untuk mencapai tempat tersebut dapat menggunakan lift barang. Cari pintu yang bertuliskan "Fire Exit/Starcase 2", ruang shalat berada di balik pintu tersebut.
B. Takashimaya Shopping Center
Terletak di lantai B1 dibalik ruangan bertuliskan "Store".
C. Plaza Singapura
Di sini ada 2 tempat shalat, yang pertama di pintu Exit lantai 5 dekat dengan lift lobby dan di pintu Exit lantai 6 yang juga dekat dengan lify lobby.

3. Chinatown Area


Di areal ini saya dan keluarga termasuk sering menunaikan shalat di Masjid Jamae Chulia, kebetulan waktu itu menginap di sebuah hostel yang jaraknya sangat dekat dengan mesjid tersebut. Untuk mencapai mesjid tersebut dari MRT Chinatown, keluar di exit A jalan terus menyusuri Pagoda Street hingga berujuan di South Bridge Road, Masjid ada di sebelah kiri. Di hari-hari tertentu sehabis shalat Dzuhur berjamaah akan ada tausiah yang menggunakan bahasa Inggris dan Arab.


4. Bugis Area


Masjid Sultan

Salah satu masjid ternama di Singapura terletak di daerah ini, berada di kawasan Kampong glam tepatnya berada di Arab Street, yaitu Masjid Sultan. Mesjid ini berfungsi normal sebagai rumah ibadah, namun juga dapat dikunjungi oleh para turis, sebisa mungkin menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup yah jika ingin berkunjung ke sini.
Selain Masjid Sultan, di dekat areal ini juga ada Masjid Hajjah Fatimah yang terletak di Beach Road, dulu sempat juga mampir ke sini setelah sempat salah turun bis, heheheh. Namun karena waktu shalat Ashar yang masih jauh, akhirnya saya dan keluarga melanjutkan perjalanan.

5. Clarke Quay Area


Di daerah ini, fasilitas shalat yang pertama berada di dalam hotel Furama Riverfront, terletak di lantai 3 dan berada di samping restaurant Indonesia. Selain tempat itu ada juga Masjid yang dapat dijumpai di Keng Cheow Street, dari jalan utama New Bridge Road setelah keluar dari MRT Clarke Quay berbelok di Merchant Road. Jika menginap di daerah Clarke Quay dan New Bridge Road, Masjid Omar Kampung Malaka ini dapat dijadikan pilihan.


6. Boat Quay Area


Untuk daerah Boat Quay, Masjid Moulana Mohd Ali berada di CBD area. Letaknya berada di Basement Plaza UOB, tapi ngga perlu sampai masuk ke Plaza UOB terlebih dahulu kok. PIntu masuk masjid ini ada di samping gedung yang bersebrangan dengan gerai McDonald di Boat Quay area.


7. Sentosa Island

Bermain seharian di USS (Universal Studios Singapore)? ngga usah khawatir melewatkan shalat loh, karena taman bermain yang setiap harinya ramai dikunjungi turis (psst sebagian besar juga dari Indonesia loh) memiliki fasilitas shalat. Terletak di samping wahana roller coaster Battlestar Galactica.
Di luar areal USS juga ada tempat untuk Shalat yang terletak di Beach Station. Lokasinya sendiri berada di areal parkir zona kuning di tempat tersebut terdapat ruangan bertuliskan "Prayer Room" dan memiliki ruangan terpisah untuk shalat Pria dan Wanita.

13 comments:

  1. bookmarked!! ini berguna banget ya kak, buat traveler2 syariah kayak akuuhh *benerin kerudung* Apalagi buat traveler2 yang butuh diimamin *tetep* *dikepret*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering-sering mampir yahh cyinn *mawhahwhahhahah*

      Delete
  2. Wah bermanfaat banget nih. Kemaren pas di Changi selesai imigrasi kaget ternyata prayer room cuma ada di airside, kirain di landside bakal ada juga. Makanya kelimpungan langsung buka peta dan untungnya nemu yang Masjid Omar di area Boat Quay itu. Walaupun underground, masjidnya bersih, adem, dan nyaman banget. Lumayan buat selonjoran abis jalan kaki :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh salah nama deng, Masjid Moulana ternyata namanya haha *abis liat foto di hp*

      Delete
    2. hehehe iyaa, tangga turunnya ada di luar gedung gitu kan? dulu tau Masjid itu soalnya nginepnya di Boat Quay

      Delete
  3. Eh dulu waktu ke singapore pertama kali, sengaja nginep di china town karena dekat masjid :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh, trus di seberangnya juga ada tukang jualan nasi briyani 5 dollar dapet segambreng yaah :))

      Delete
  4. paling enak emang nginep area Bugis, deket mesjid en makanan halal juga banyak..


    Just posted Main ke Dusun Bambu Bandung | The Traveling Cow

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sukaa dan makanannya juga murah kak *ituuu yg penting* hahaha

      Delete
  5. Wah membantu sekali postingannya. :)

    langsung tak catetin nih satu-satu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi alhamdulillah kalo membantu kak :)

      Delete
  6. Wah saya dulu cuma sehari di Singapura lewat jalur darat, lalu sorenya balik KL lagi. Jadi solatnya ngemper di terminal bus :D

    Tapi info ini berguna banget kalau kelak ke sana lagi. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh tektok sehari aja qy? berarti berhentinya di Queen terminal yoo?

      Delete

Thank you for comment :)