Tuesday, September 22, 2015

Idul Adha di Dubai


Mengingat bahwa sebentar lagi kita akan merayakan haria Raya Idul Adha, saya jadi teringat tentang perayaan hari raya tersebut 3 tahun silam. Bertempat di Dubai, di mana untuk pertama kalinya saya berIdul Adha jauh dari keluarga. Berlebaran jauh dari negara asal mungkin merupakan suatu yang berbeda, tidak hanya untuk saya yang ketika itu sedang liburan di Dubai, namun juga untuk teman-teman yang saat itu bekerja atau pendidikan di sana. Berlokasi di Konsulat Jendral Republik Indonesia di Dubai, United Arab Emirates, ternyata tidak sedikit warga Indonesia yang datang mengikuti solat ied berjamaah hingga bercengkaram bersama warna Indonesia yang tinggal di Dubai lainnya.

Ada yang berbeda di Idul Adha saat itu, jika biasanya disetiap perayaan di Indonesia bisa dengan mudah kita menemui hewan-hewan kurban yang ditambatkan di samping masjid atau musholla tidak demikian di tempat ini. Pemerintah Dubai melarang penyembelihan hewan di masjid dan di rumah-rumah, penyembelihan hewan kurban hanya diperbolehkan di tempat penjagalan hewan. Jadi setiap Idul Adha, yang terlihat berbeda di masjid-masjid hanya kerumunan orang yang mengikuti sholat Iednya saja, selebihnya mereka kembali ke rumah masing-masing dan melanjutkan aktifitas. 

Taman KJRI yang baru diberesin sehabis Sholat Ied

Loh? lalu kalo mau berkurban bagaimana? saat saya tanyakan kepada om yang kebetulan bekerja di Dubai, beliau mengatakan biasanya sudah ada petugas atau bada pengurus yang mengurus hewan kurban dan orang-orang yang ingin berkurban hanya tinggal membayar ke mereka. Namun rata-rata orang Indonesia di sini lebih memilih membeli hewan kurban di tempat asal mereka di Indonesia. 

Sholat Ied saat Idul Adha 2012 kemarin pun, seluruh ruangan luar dan taman di konjenpun penuh dengan jamaah yang hendak melaksanakan sholat. "Wah ternyata ramai juga yah orang Indonesia di Dubai?" pikirku dalam hati. Beberapa orang juga tampak sibuk mempersiapkan makanan khas lebaran di tenda yang sudah disiapkan, beberapa orang yang biasanya membantu staff KJRI adalah TKW yang bermasalah, mulai dari yang kabur dari majikan hingga tidak memiliki surat lengkap. Biasanya mereka dipondokan di KJRI (jika memungkinkan) sebelum diurus surat-surat dan dideportasi ke tempat asal. 

Ayo antri makan ketupat dulu

Minuman Sodanya pake bahasa Arab

Makanan yang dihidangkan tetap komplit mulai dari ketupat, sayur labu, opor ayam, hingga sambal goreng kentang. Porsi yang dibuat KJRI juga lumayan banyak karena biasanya memang warga Indonesia yang datang juga banyak. Dan benar saja, makanan yang disiapkan ibu-ibu diplomat dan staff KJRIpun ludes seketika. Liburan hari raya seperti itu biasa digunakan para perantau di negara tersebut untuk bersilahturahmi dengan sesama warga Indonesia, meskipun tidak sedikit warga negara lain yang ternyata pasangan warga Indonesia yang ikut datang dan meramaikan acara.

Ah iyaa, ada yang seru juga sewaktu menjelang Idul Adha di sini. Jika di Indonesia mungkin banyak orang yang takbir keliling di malam sebelum perayaan Idul Adha, di Dubai meskipun takbir juga terdengar, beberapa pusat perbelanjaan juga memutuskan untuk buka selama 24jam. Hasilnya? saya sampai terbengong-bengong melihat ice rink yang masih begitu ramai padahal waktu menunjukan pukul 1 pagi waktu setempat *segitu panasnya yah Dubai, sampe pada bahagia banget ice skating dini hari* hahahaha

ihiiyy Dubai Mall buka 24jam

Ada yang punya pengalaman ber-Idul Adha di Negara lain?   

23 comments:

  1. lusa ya idul adha, gak kerasa bener, padahal baru aja idul fitri

    ReplyDelete
  2. Sodanya lucu tuh ada tulisan Arab hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahaha, aku hobi banget fotoin botol atau kaleng minuman yg ada tulisan lokalnya, waktu di Ho Chi Minh juga gitu

      Delete
  3. Seru juga ya disana ngerayain Idul Adha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, orang-orang yg baru kenal aja udah berasa kayak sodara

      Delete
  4. pengen deh sekali-sekali ngerayain idul fitri atau idul adha di negara lain, tapiiiii bisa dikutuk jadi kodok kalo lebaran gak pulang :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoret dari Kartu keluarga yaah ahahaha

      Delete
  5. Wah kebayang tuh pasti kangen banget sama kuliner Indonesia. Makanya saat yg tepat untuk melepaskan rindu pada cita rasa dalam negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, makanya semua berusaha dateng buat ngumpul sama makan ketupat bareng-bareng jadi rame banget KJRInya

      Delete
  6. saya punya pengalaman di negara Indonesia :D ,, mau tahu ga????

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bolehh kok, tapi saya biasanya tiap tahun juga idul adha di Indonesia kok

      Delete
  7. drdulu aku tuh pgn bgt ngerayain hari besar di negara org mei..tp suami mana mau..buat dia mah hari besar itu wktnya kumpul ama keluarga huhh sebel aku... jdnya 1-1nya pengalaman ngerayain hari besar ya pas kuliah di penang... 4 thn kan aku ga pulang2 hahahaha ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyahh, mamaku juga tadinya ga bolehin, tapi akhir-akhir ini setiap Idul Adha agak sepi jadinya aku dibolehin pergi kak

      Delete
  8. Replies
    1. alhamdulillah jadi bisa kenal teman-teman baru

      Delete
  9. berasa kayak di Indo aja ya, kalo isinya kebanyakan WNI.
    Dulu sekitar thn 2012 aku pengen banget idul fitri ke luar, paling ga ke singapur. Ehh pas ke singapur nggak bertepatan dengan idul fitri.
    Gagal terus kalo mau ngerayain hari raya besar. Tapi masih jadi wish list aku. someday deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, hihih yg biasanya cas cis cus bahasa arab, itu santer banget bahasa Indonesianya. Malahan banyak yg ngomong bahasa Jawa :) feels at home

      Delete
  10. Pernahnya idul fitri hehe biasanya shalat dan ceramahnya ga lama tp perjalanan ke tmpat shalatnya jauuuhh bgt dibanding di Indonesia yg kl lebaran tinggal ngesot pasti ada masjid :')
    Masih pgn ngerasain lebaran di tanah suci dan Turki.. penasaran gmn atmosfernya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihhh malah pernah Idul Fitri? ehhh waktu Jepang kmrn sih ya?
      nah aku kmrn sebenernya gampang nyari mesjid, tapi karna wajibb ke KJRI (uhukk bisa diomelin om aku kalo ga ke situ) jadi nya idul adhanya di sini deh ahahhaha

      Delete
  11. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya...salam sukses buat admin.

    ReplyDelete

Thank you for comment :)