Wednesday, September 16, 2015

Penginapan Favorit Teman Pejalan di Singapura

Singapura sepertinya masih jadi destinasi favorit liburan ke luar negeri untuk solotrip, barengan sahabat, pacar, pasangan atupun keluarga. Selain ini adalah negara tetangga yang paling dekat, tiket promo ke tempat ini juga paling sering ditemukan.

Akhir-akhir ini, saya sering mendapatkan email yang berisi pertanyaan tentang penginapan di Singapura. Karena saya tidak begitu sering pergi ke Singapura, saya merasa tidak banyak yang bisa saya rekomendasikan. Di Singapura sendiri, banyak sekali pilihan tempat untuk menginap, dari hostel, hotel, serviced apartment, sewa apartment hingga bungalow. Di manapun itu, asalkan tempatnya nyaman, aman dan menyenangkan. Sejauh ini saya lebih sering menginap di 5 footway.inn group. Lain waktu sepertinya mau mencoba Naumi Liora dan Wanderlust hotel. Untuk menambah informasi juga, akhirnya saya mencoba bertanya ke beberapa teman-teman sesama pejalan, dan ini rangkumannya. 

Mau tau penginapan favorit di Singapura dari beberapa teman-teman pejalan dan blogger? Siapa tau bisa jadi salah satu ide tempat menginap untuk perjalananmu selanjutnya, check this one out

1. Somerset Liang Court - Debbzie Leksono


Sumber : booking.com

Setiap trip ke Singapura selalu diagendakan buat check-up kesehatan papa dan mama, atau seringnya transit beberapa hari setelah long haul flight sehabis liburan di benua Eropa. Karena mengutamakan fasilitas kamar yang lengkap, kami memilih untuk tinggal di 2 bedroom serviced apartment. Saat ini favoritku adalah Fraser Suites River Valley dan Somerset Liang Court. Setiap unit apartment mempunyai fasilitas dapur lengkap dengan alat masak dan makan, ruang tamu, ruang makan danmesin cuci (penting nih buat laundry sekoper penuh pakaian kotor setelah liburan panjang, hehehehe).

It's like home, away from home. Kalau disuruh memilih, Somerset Liang Court yang paling ideal. Lokasinya hanya selemparan bakpao dari tempat Hang hout Clarke Quay, plus dempetan sama Liang Court Shopping Mall. Horeeee! Jadinya mudah buat cari makan dan belanja keperluan di supermarket. Love!








Debbzie Leksono

Blog : My Time Capsule
Twitter : @twitdebbzie
Instagram : @debbzie_leksono


2. Village Hotel Katong - Timothy W Prawiro



Biasanya kan orang-orang ke Singapura tujuannya buat shopping. Nah terus kalau lagi bosen ke mana dong? Udah pernah nyobain ke daerah Katong belum? Itu lho yang deket2 sama East Coast. Jarang-jarang kan ya di sana? Haha.

Tahun lalu sempat nginep di daerah sana, di penginapan yang namanya Village Hotel Katong. Bingung juga kok bisa ada ya hotel daerah sana, bukannya (sepertinya) daerah residensial ya? Pas sampe sana, memang bener sih, ternyata ini daerah residensial, banyak apartemen-apartemen ... dan nyelip lah Village Hotel Katong di sana :-)

Kalau kamu liat tampak luarnya, kamu pasti pernah ngeliat bangunan dengan design serupa di daerah Bugis. Iya bener, mereka memang satu group. Ternyata konsep dari Village Hotel adalah biar tamu-tamu bisa lebih merasakan hidup seperti 'orang lokal' Singapura.

Dari luar memang tampak seperti bangunan dengan design lama ya, tapi jangan salah! Jeroannya tokcer abis! Itu sudah bisa terliat dari saat check-in, di mana area lobby nya ... maknyos ... apik banget, design-nya okay bangets and very colourful! Sampe ke kamarnya pun bener2 takjub, karena cantik banget dengan banyak design etnik nya. Kamar mandinya pun super clean! Trus, ga usah kawatir dengan colokan, karena sudah tersedia banyak dengan 'lubang' colokan universalnya.








Timothy W. Prawiro

Blog : Mixed Up Already
Twitter : @timothywprawiro
Instagram : @timothywprawiro


3. Beary Best - Rinta Dita 


Pertama nginep di Beary Best waktu tahun 2012  gara-gara penasaran waktu browsing kok lucu interiornya warna warni dan banyak boneka beruang dimana-mana. Udah gitu lokasinya strategis di Chinatown yang deket banget sama MRT, tapi neighborhood-nya gak sepadat yang di Pagoda Street. Kamarnya bersih karena semua tamu diwajibkan copot alas kaki dan nyimpen sepatunya di rak sepatu, gak boleh dipake ke kamar. Seperti hostel-hostel yang lain, kamarnya ada mixed dorm dan female dorm dengan tarif yang menurut saya cukup worth it. Masing-masing bed ada lampu dan colokan-nya. Kamar mandinya juga bersih dengan fasilitas yg lengkap, ada air panas dan hairdryer. 

Fasilitas standar seperti free wifi dan breakfast udah pasti ada, trus mereka juga menyediakan minuman dan cup noodles, jadi kalo laper atau haus gak perlu keluar hostel, tinggal beli di sana aja. Yang paling penting menurut saya sih di sini staff-staffnya ramah dan baek semua, trus ada yang ganteng pula #eh. Karena pengalaman menginap yang mengesankan itu setelahnya kalo ke Singapore lagi pasti nginep di sana. Selain udah males nyari-nyari lagi, kalo udah pernah nginep di Beary Best kita otomatis jadi member yang namanya Beary's friend. Nah Beary's friend ini pasti dapet harga diskon khusus di bawah publish rate kalo mau nginep lagi di sana.

Tips: jangan lupa bawa gembok sendiri buat ngunci locker, karena di sana tidak disediakan. Kalo kamu perlu privacy, pilih yang lower bed karena ada gordennya :D









Rinta Adita

Blog : Males Mandi
Twitter : @rintadita
Instagram : @rintadita


4. Landmark Village Bugis Hotel - Tesya


Foto milik Tesya

Kalau ada yang tanya saya, "Mba, saya pertama kali ke Singapura dengan keluarga, sebaiknya menginap dimana?" Saya selalu bertanya dulu, "Budget-nya berapa?" Kalau dijawab sekitar SGD150 per malam, saya selalu merekomendasikan Village Hotel Bugis. Hotel ini juga yang saya pilih sewaktu membawa keluarga pertama kali berlibur ke Singapura.

5 Alasan Menginap di Village Hotel Bugis menurut saya adalah:

1) Lokasi yang strategis. 
Hanya 5 menit berjalan ke MRT Bugis. 5 menit menuju Queen Street Bus Terminal, bus tujuan ke Johor Bahru. Untuk yang mau melakukan Legoland trip, cocok banget menginap di sini.

2) Dekat dengan wisata kuliner halal yang wajib di Singapura: Murtabak Zam-Zam. Baiklah, mungkin  Murtabak Zam Zam terlalu subjektif:p Di dekat hotel (daerah Arab Street) banyak tersedia makanan halal, secara ya...deket banget dengan Sultan Mosque. 

3) Hotel ini dilewati SAEX Bus, bus khusus untuk menuju Singapore Zoo. 
Lupakan saja naik MRT dan bus menuju Singapore Zoo, jauh dan lama banget! Bus SAEX ini nyaman menjadi moda transportasi dari hotel menuju Singapore Zoo dan sebaliknya. Ohya, kenapa Singapore Zoo? Karena untuk keluarga yang pertama kali ke Singapura, salah satu tempat yang saya rekomendasikan adalah mengunjungi kebun binatang ini.

4) Kolam renang yang besar dan bagus.
Kalau bawa anak, udah cape seharian jalan-jalan, paling asyik kalau bisa chilling out di kolam renang, ya kan?

5) Kamar yang luas
Rata-rata ukuran kamarnya 32m, so your kids will have ample place to move. Ohya, pihak hotel juga enggak masalah tuh kami membawa 2 anak. Males kan kalau menginap di hotel yang mengenakan biaya tambahan untuk anak? 







Tesya

Blog : Tesyasblog dan Tesyakinderen
Twitter : @tesyasblog
Instagram : @tesyasblog


What cuma 4? iyahh ini masih ongoing project kok, ditunggu update-annya yahh :)

24 comments:

  1. Iihhh lain kali tukeran ama kak Tesya ahhh di Village Bugis :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah aku pas baca punya kak Tesya juga baru sadar kalo kalian satu group hotelnya :)

      Delete
  2. Beary Best lucuk amat ya kayak kindergarden :)

    ReplyDelete
  3. semoga bisa kehotel2 ini deh buat nyicipin :)

    ReplyDelete
  4. aku kalo ke Singapura kok ngga pernah mikir nginep di hotel yah ? wakakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahaha akupun belum pernah nginep di Hotel kalo ke SG, tapi next time mau cobaa ah

      Delete
  5. Yawlaaa aku gak pernah nginep hotel di Singapore....selalu ho(s)tel :((( *buang kartu kridit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahahah *pungut kartu kredit Dita* *beli tiket pesawat*

      Delete
  6. akupun krn jrg stay lama di singapur, jd soal hotel ga terlalu difokusin.. biasanya daerah geylang saja ;p... ato malah nginepnya di johor spy mw hemat budget hahahah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sama persis kayak idenya papaku, "nginep di Johor aja mba biar murah", tapi kalo sama wara-wirinya kasiaan mereka capeek

      Delete
  7. Aku kalo ke sing nginepnya pindah-pindah tergantung lagi ada duit ato enggak. Hehehe :D Hotel? Pernah. Hostel? Seeriiing. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupunn bulak balik ke 5 footwayinn mulu kak

      Delete
  8. catet dulu, kali nanti perlu kalau pas lagi jalan ke singapore :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada info penginapan fav juga boleh ikutan loh mii

      Delete
  9. Wah, Singapura u,u pengen banget kesana, nunggu waktu yang tepat itu yang sedikit susah

    ReplyDelete
  10. Mbak Tesya, blognya keren jadi buat kami ingin explore sing dan JB especially legoland. Menurut mbak Boleh gak sih kalo nginap di Village hotel bugis ini dengan 2 orang dewasa (saya & suami) serta 3 anak kami. Tolong infonya juga mbak untuk hotel di JB yang bisa ditempati 5 orang. Thanks in advance

    ReplyDelete
  11. Waahh, jadi ada referensi nih kalo pengen nyari penginapan di singapore..

    thank you yaa, Mei..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba, kalo ada info hotel atau hostel seru juga boleh infoin aku lohhh

      Delete

Thank you for comment :)