Wednesday, November 18, 2015

[ Jakarta Weekend Getaway ] Chronosphere Indonesia Escape Game


Weekend well spent, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan keseruan aktifitas weekend saya kemarin. Sebagai anak yang besar dengan cerita Detective Conan, suka dengan film Sherlock Holmes (saya ga jago baca bukunya, anak komik banget), suka main SUDOKU dan jagoan TTS (teka-teki Silang) rasa penasaran saya mencuat begitu tau ada escape room game seru ada di Jakarta.

Apaan sih Escape room game? Ini adalah sebuah permainan berkelompok di mana kita akan dikunci disebuah ruangan dan harus menyelesaikan sebuah misi atau menjawab sebuah misteri dari clue-clue yang disediakan untuk dapat keluar dari room tersebut atau memecahkan misteri tersebut.

Permainan Escape Room sendiri sudah ada agak lama ada di Jakarta, tapi sayanya ga pernah berani buat ikutan main. Beberapa tema Escape Room yang ada di Jakarta dulunya lebih didominasi dengan cerita misteri seperti pembunuhan dan zombie-zombiean, sedangkan saya anak cemen yang nonton film setan aja suaranya musti dihilangin dulu, Udah dihilangin aja ngeliat setannya muncul masih kaget. Pernah juga ngajak teman main ke escape room game, tapi ujung-ujungnya malah café hopping di Kemang (aku anaknya gampang terbujuk, hahaha)

Karena akhirnya tambah penasaran, beberapa hari yang lalu saya mengajak beberapa teman untuk mencoba Escape Room Game baru bernama Chronosphere yang berlokasi di daerah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Oke, tempat mainnya sudah ketemu, teman bermainnya sudah kumpul berarti sisanya tinggal mengumpulkan niat dan mental.

Ruang tunggu Chronosphere

Begitu masuk lobby Chronosphere saya dan teman-teman sudah dikejutkan dengan desain interior yang tematik. “Ihh gue berasa ada di NASA secret base” *padahal ngeliat bentukan kantor NASA aja belum pernah, hih.


Sebelum permainan dimulai, kami boleh menyimpan barang-barang bawaan kami di loker yang sudah disediakan. Briefing untuk penjelasan cara bermain dan alur ceritapun dilakukan di ruang depan. Untuk permainan Chronosphere Level 1 The Genesis "Heart of Chronosphere" para pemain bertindak sebagai guardian of time yang diundang pria tidak dikenal untuk membantunya menyelesaikan sebuah misi. Intinya kami harus menyelesaikan teka-teki demi untuk menemukan "Heart of Chronosphere". 

Untuk memecahkan semua teka-teki yang ada di ruangan ini, kami  berlima berpegangan pada sebuah buku yang ditinggalkan sebuah buku oleh Professor C. Intinya kami harus putar otak untuk memecahkan misteri yang ditinggalkan professor tersebut demi terpecahkannya kasus dan membuat kami keluar dari ruangan dengan selamat.

Buat kami berlima yang belum pernah sama sekali bermain di Escape Room, ini menjadi hal baru dan tantangan tersendiri ketika akhirnya harus "dikunci" di sebuah ruangan dan baru bisa keluar setelah waktu habis atau misi terselesaikan. Awalnya kebingungan apa yang harus kami lakukan di dalam ruangan tersebut, ditambah lagi kondisi belum makan dan waktu menunjukan pukul setengah 12 siang. Saran saya, jangan masuk mulai bermain dalam kondisi lapar yah, karna hanya akan menambah kemalasan dan kegalauan untuk memecahkan teka-tekinya hahahahah. Sebagai informasi tambahan, seluruh petunjuk yang ada di game ini menggunakan bahasa inggris dan setiap level para pemain akan dibantu "hint" sesuai jumlah pemain.  

Penasaran sama alur cerita dan game serunya? langsung cobain aja main. Setelah selesai bermain, entah itu berhasil memecahkan misteri atau kehabisan waktu, masing-masing pemain akan diberikan sebuah kartu yang berisi record tentang permainan kita saat itu. Mulai dari nama, level permainan, hingga pencapaian. Kalo sudah berhasil menyelesaikan level 1, pencapaian yang tercatat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan misi.


Exit room juga akhirnyaaa


muka-muka lelah dan lapar abis mikir

Saat ini Chronosphere sudah memiliki 2 3 episode, episode 1 The Genesis (ini yang saya dan teman-teman mainkan), episode 2 LightBringer dan episode 3 Enigma. Chronosphere sendiri berencana memiliki hingga 6 episode. *aah ga sabar mau coba episode 2 nya*

Be a Guardian of Time and Let’s Experience Time Travel at Chronosphere Indonesia!


NEW PRICE [UPDATED]


[UPDATED]

Chronosphere Escape Game Episode 2 dan 3

Episode 2 Lightbringer - Beyond The Darkness

Jika di episode sebelumnya para pemecah teka-teki diharuskan menemukan sebuah inti untuk menghidupkan mesin waktu dan keluar dari ruangan, di episode selanjutnya ini kalian akan dibawa oleh mesin waktu ke masa lampau dan ditantang untuk membantu Thomas Edison menciptakan lampu dan membebaskan dunia dari kegelapan.

Episode 3 Enigma - The Shadow of The Mastermind

Kalian akan kembali menjelajah ruang dan waktu, jika di episode sebelumnya kalian mendapatkan misi untuk membantu Edison menemukan lampu, di episode ke 3 kalian akan dibawa ke tahun 1945 untuk menyelesaikan misi di Germany Headquarter, *oke it's getting excited, I just can't wait to play it again*

 Jl. Tanjung Duren Utara IV No.450
IG : chronosphere.id
Twitter : chronosphere.id
website : www.chronosphere.id

11 comments:

  1. kok seruuuu siiiih?!
    mau dooonk diajak ke sini lagiiii T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi main gih dit pas weekday, mayan banget pake code gue jadi diskon 30%. ayoo beat waktu gue :P

      Delete
  2. wuaaahhh baru tau ada yg begini... walopun ragu mei, bisa mecahin ga ya ;p... agak suka telmi kalo udh berhubungan ama teka teki ato kode bgini ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti tunggu dedeknya fylly keluar dulu baru boleh mainn :p

      Delete
  3. wuahhh.. tanjung duren..
    deket ama kosan..
    harus main kesana nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru kak ngegemesin main gamenya hahahahaha kita mikir sampe begoo *eh apa udah bego duluan yaa?*

      Delete
  4. Gue penasaran sih sama mainan ini. Hmm... tapi apa sepadan ama duitnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ituu, sebenernya ada excitement tersendiri sih. Awalnya gue juga nanya kak, ini kenapa mahal banget tapi ternyata emang mereka bikin konsepnya super niat dan kata temen-temen yang pernah coba jenis escape lain, yang ini malah terlalu niat :))

      Delete
  5. Haiiii mau tanya dong, ini kita di dlm ruangan gede terus kita petualangan gitu atau stuck 1 ruangan doang trs mecahin kode2 gitu?

    ReplyDelete
  6. Haiiii mau tanya dong, ini kita di dlm ruangan gede terus kita petualangan gitu atau stuck 1 ruangan doang trs mecahin kode2 gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Riaan,
      ini permainannya seru banget beda sama escape game lainnya (duh ga mau spoiler) hahahahah, ada pecahin kode-kodenya juga :) ayoo dicoba

      Delete

Thank you for comment :)