Tuesday, January 19, 2016

Sydney Festival 2016: The Ephemeral City - Sydney CBD


Lain Parramatta, lain lagi Sydney. Jika di post sebelumnya saya membahas Arquitectura de Feria-nya Parramatta, kali ini saya bakalan ngebahas The Ephemeral City yang ada di Sydney CBD. Masih di rangkaian acara Sydney Festival dalam rangka menyambut Australia Day ke 40, berlokasi di Bangararoo ada satu lagi acara seru yang emang dirancang khusus buat keluarga (eh meskipun kita ga satu keluarga, tapi kita boleh dateng bareng kok *eh)

Mencapai Barangaroo Reserve dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Circulay Quay atau naik bus 324/325. lokasi tempat bermain yang satu ini berada di dalam ruangan. Terdapat dua ruangan terpisah level 1 untuk bermain indoor flying fox dan level G (alias ground) untuk mengunjungi The Ephemeral City.

Apa sih The Ephemeral City?


Kalo definisi dari bahasa Inggrisnya, Ephemeral berarti sesuatu yang tidak kekal atau sesuatu yang berlangsung hanya sebentar. Nah lalu apa dong The Ephemeral City? yaa berarti kota ini dibuat hanya sebentar aja alias sementara, untuk selanjutnya pada tanggal 26 Januari akan dilakukan pemusnahannya. Di The Ephemeral City, rencananya akan dibangun 3 buah miniatur besar bangunan ternama di Sydney yang dibuat dari kardus. Stuktur ketiga bangunan tersebut hanya kardus berwarna cokelat tebal dan lakban cokelat. Ketiga bangunan yang akan dibuat replikanya adalah menara Sydney Central Station, Sydney Hanggar dan satu lagi lupa (nanti ditambahkan kalo udah inget yah).

Ayo bangun Sydney Central Station

Pengunjung yang datang ke tempat ini boleh menjadi sukarelawan untuk membangun bangunan tersebut, kami hanya datang menghampiri salah satu staff dan dengan ramah mereka membawa bongkahan kardus yang harus disusun sesuai pola kemudian direkatkan dengan lakban coklat. Untuk potong lakbannya gimana? tenang disediakan paku untuk memotong lakbannya dengan cara dicucukan. Konstruksi bangunan yang kami buat tidak ditambahkan dengan cara ditumpuk ke atas bangunan yang sudah didirikan sebelumnya, namun dengan ditambahkan dari bagian bawah.

ini cara mereka menggeser bangunannya

Awalnya sempat bertanya-tanya juga bagaimana mereka menyelipakan bagian-bagian ini, ternyata dengan bantuan pengunjung dan staff, bangunan yang sudah berdiri akan diangkat beramai-ramai dan menambahkan konstruksi yang dibutuhkan dibagian bawahnya, langkah selanjutnya? kembali merekatkan konstruksi bangunan baru ke bangunan lama dengan lakban.

Bukan cuma membangun menara, ada workshop lain juga di areal Box Wars dimana anak-anak bisa membangun apapun dari kardus yang diberikan dengan hanya bantuan lakban. Ada yang membuat rumah, topi, menara, well apapun.

aih dedek kamu centil bener deh

Haduhh kalo yang ini lebih norak lagi

Beberapa hasil karya di Box Wars yang akan ikutan dihancurkan juga pas tanggal 26 Januari

Keseruan di areal ini ga cukup sampe di situ aja, inget di level 1 ada indoor flying fox? nahhh flying fox ini bergerak mengelilingi ketiga bangunan dari kardus yang sebelumnya saya bahas. FOR YOUR INFO, flying fox ini tidak lurus seperti layaknya flying fox normal, tapi berkelok dan memutari areal The Ephemeral City, kereenn kan?

Twisted Flying Fox

Sesaat sebelum keluar dari tempat ini, saya bertemu seorang perempuan yang lagi sibuk membenahi barang-barangnya. Saat saya perhatikan lagi, ternyata beliau baru saja selsai menggambar salah satu bangunan yang sedang dibuat. Karena suka banget sama lukisan yang dia buat, saya sampai memberanikan diri untuk meminta foto dia dan lukisannya di depan bangunan yang dia lukis, wiihh kereeen ternyata banyak memang yang datang untuk melukis dan menggambar :) 

Thank you madame :)

6 comments:

  1. Wah menarik banget liputannya, Mei. Sayang juga akan dihancurin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, cuma dibikin seru-seruan buat acara Sydney Festival doangan sayang yah kak :((

      Delete
  2. sydney festival ..pengen deh kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukk :) seru banget anak-anak kecil sampe dewasa bisa loh ikutan naik flying foxnya :)

      Delete
  3. bener2 sayang kalo harus diancurin yaaa :D.. udh capek2 dibikin, rasanya nyesek :p ..bgs bgt pdhl..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas hari H demolition daynya aku ga dateng lagi :(
      padahal penasaran mau lihat kayak apa sih acaranya

      Delete

Thank you for comment :)