Monday, February 8, 2016

6 Tips Berhemat Saat Berkunjung ke Jepang


Jepang itu katanya terkenal serba mahal ya? semua jajanan mahal, penginapan mahal, destinasi wisata mahal, transportasi mahal, wuihh semuanya deh. Jujur masih banyak negara yang biaya hidupnya 2x lebih mahal dari kota-kota di Jepang. Berbekal trip saya Oktober lalu ke daerah Kansai, saya mau bagi-bagi tips kece buat menekan budget kamu selama travelling di Negri sakura ini.

1. Cari penginapan yang menyediakan sarapan


bisa buat bekal makan siang juga

Ga mesti hotel kok, di Jepang banyak Hostel yang bagus dan bersih serta menyediakan sarapan. Contoh sewaktu menginap 3 malam di Kyoto, saya cukup beruntung mendapatkan kamar dorm di Piece Hostel Sanjo yang ternyata menyediakan sarapan ala buffet untuk para tamunya. Tanpa malu-malu, saya bahkan memasukkan beberapa roti ke ransel untuk cemilan di jalan atau buat pengganjal perut di siang hari. Di hostel yang kemarin saya inapi, selain roti juga ada salad dan nasi campur tapi tidak bisa dibawa buka bekal, karena saya tidak membawa tempat bekal makan dan jika dipikir-pikir mau beli di sana juga sayang rasanya. Ah iya info tambahan, ada teman yang pernah menginap di salah satu penginapan airBnB ternyata ada juga yang menyediakan sarapan.

2. Sedia Onigiri sebelum kelaparan



Jika tempat penginapan kamu tidak muenyediakan sarapan, jangan berkecil hati masih ada cara lain untuk menghemat biaya makan. Kalo beli bento set di supermarket dirasa masih kemahalan buat budget kamu, salah satu pilihan pengganjal perut lainnya bisa jatuh kepada onigiri. Onigir atau nasi kepal khas Jepang ini dijual di semua supermarket dan minimarket di penjuru Jepang. Serius, nyari Onigiri di Jepang (terutama kota-kota besar) udah semudah nemuin Indomar*t atau alfama**t di Jabodetabek. Selain Onigiri juga ada sushi roll dan Omurice kepal (nasi yang dibungkus telur). Untuk yang tidak boleh makan babi, pilihan paling aman cari yang nasi kepal dengan isian ikan (tuna, bonito atau salmon)


3. Beli makanan di atas jam 5



Ini juga salah satu taktik menghemat biaya makan, bisa untuk makan malam atau disimpan untuk sarapan esok harinya. Beberapa supermarket banyak yang mendiskon harga bento set dan beberapa jenis makanan lainnya ketika waktu menunjukan pukul 5 sore. Tenang, ini hal yang wajar kok dan salah satu cara agar supermarket tersebut juga tidak menyisakan barang dagangan terlalu banyak juga. Sesampai di penginapan bisa disimpan di kulkas dan disantap besok paginya.

4. Pilih-pilih kuil yang ingin dikunjungi



Yapp, seperti yang banyak dari kita sudah ketahui Jepang adalah negri 1000 kuil. Kalian bisa menemukan kuil di hampir seluruh penjuru daerah di Jepang. Dari mulai kuil terkenal yang selalu ramai oleh turis hingga kuil biasa yang hanya didatangi warga lokal. Dari kuil yang berlokasi di atas gunung hingga yang dekat dengan pantai. Kuil yang memiliki areal yang luas hingga kuil kecil. Sebelum ke Jepang, ada baiknya pilih-pilih dulu kuil mana saja yang memang ingin dikunjungi, karena untuk beberapa kuil besar memiliki harga tiket masuk mulai dari 300 - 600 yen.


Sebagai contoh, di Kyoto sendiri ada 5 kuil yang selalu ramai dikunjungi turis seperti Kiyomizudera (400yen), Ginkakuji (500 yen), Kinkakuji (400yen), Sanjusangen-do (600yen), Fushimi Inari (gratis). Ditambah lagi kuil-kuil lain seperti Nijo (600yen), Honganji (gratis), Kodaiji (600yen), Eikando (600yen, namun saat musim gugur 1000yen), Ninnaji (gratis, tapi saat musim sakura 500yen), Ryoanji (500yen), Tenryuji (500yen) dan masih banyak lagi. 


Kebayangkan berapa banyak uang yang musti dikeluarkan hanya untuk masuk ke kuil? yang saya sebutin di atas itu baru Kyoto loh, nah untuk hematnya kita harus benar-benar pilih kuil mana saja yang akan didatangi sehingga bisa lebih menghemat biaya lagi.

5. Beli bus pass, train pass atau subway pass


JR West Pass - hanya mencakupi daerah Kansai aja 

 one day pass ini ada di vending machine atau kadang ada hostel yang jual juga

Beberapa dari kalian mungkin udah banyak yang tahu kegunaan JR Rail Pass untuk travelling di Jepang. Selain JR Rail Pass sendiri, di Jepang banyak banget tipe-tipe tiket pass untuk moda transportasi. Di beberapa daerah yang tidak terlalu banyak jaringan bus dan keretan JR (Japan Rail) ada baiknya kita membeli pass yang sesuai dengan daerah tersebut. Misalnya di Kyoto, JR Pass rasanya hanya lebih berguna hanya untuk mengunjungi Arashiyama dan Fushimi Inari, namun untuk berkeliling kota Kyoto lebih cocok jika kita membeli bus pass atau subway pass. Tarif sekali jalan bus di Kyoto sekitar 230 yen, sedangkan 1 day bus pass dapat kalian beli dengan harga 500yen dan berlaku seharian penuh. Sewaktu saya berkeliling Kansai, saya sempat menggunakan tiga macam pass, JR West Pass, Kyoto bus pass dan 3 day kansai pass

Nanti aku ceritain yah keseruan pake Kansai Thru Pass

6. Jangan mudah tergiur pernak-pernik di vending machine dan gacha machine 


aku mau calpico

Ini salah satu yang bisa bikin kantong jebol saat jalan-jalan di Jepang. Di daerah wisata dan pusat perbelanjaan akan ada banyak vending machine & gacha machine yang berisi makanan minuman hingga barang-brang unik lain. Jika ingin air mineral, sebisa mungkin bawa botol minum dan cari tempat isi ulang air. Namun jika memang tidak memungkinkan, coba cek harga di vending machine terlebih dahulu, waktu itu saya pernah melihat 2 vending machine yang jaraknya tidak terlalu jauh namun harganya bisa beda 50yen (duhh lumayan kan).

Jajan es krim di vending machine

deretan gacha machine di pokemon center Osaka

Gacha Machine juga salah satu yang musti dikhawatirkan, jumlahnya juga banyaaak banget serta diperparah dengan barang-barang lucu yang ada di dalamnya. Tapi kalo dirasa tidak terlalu unik atau penting, sebaiknya jangan dibeli. Saya pernah beberapa kali mengincar mainan lucu di gacha machine tapi emang dasar ga hoki, yang didapat malah jenis mainan yang ga disukai (miriisss). 

22 comments:

  1. Hahahaha dulu gw juga selalu ngantongi onogiri di tas, secara itu yg paling murah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bener, dan paling gampang dicari juga om :)

      Delete
  2. Wah mantep tuh onogiri.. murah dan keliatanya enak. Hehe
    Gacha macine itu.tempat mainan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gacha itu kayak mesin mainan yang kalo dimasukin koin nanti keluar kayak telor-teloran, isinya gambling bisa macem-macem tapi biasanya udah ada kira-kira isinya apaan aja :)

      Delete
  3. Mungkin kalo aku di Jepang, apapun yang kulihat bakalan banyak jadi tulisan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah akupun banyak banget nih bahan dari trip kemarin, tapi suka bingung mau share dari mana hahahaha *kebanyakan yg mau diceritain*

      Delete
  4. Aaaaakk Jepaaaanng ! Salah satu bucket list ku, tapi kudu itungan banget ya supaya ga tekor biaya hehehe. Tipsnya aku simpen deh, manatau satu saat ke Jepang :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget kak, musti itung-itungan cermat banget biar bisa tetep beli makanan enak-enak tapi ga bikin kantong bolong, kemarin tabunganku belum cukup-cukup amat sebenernya, kacau deh jadinya hahahaha

      Delete
  5. agak susah kalo soal makanan Mei ;p.. aku mw berhemat utk ga bnyk belanja, tp jgn suruh berhemat makanan hahahaha... lah tujuan utama di jepang selain roller coaster, mw cobain aneka makanan mereka :D tp biar gmn, nasi kepal itu fav ku juga sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin aku gini kak, jadi ngitung berapa hari di sana trus ngebajetin sehari buat makan misalnya 700 yen buat siang sama malem, kalo kebetulan di hari 1 ga sampe 700 aku akumulasi kehari berikutnya hahahahahaha

      jadi diujung-ujung bisa makan mewwaaaah banget :))

      Delete
  6. onogiriii itu life saver banget, sama kalo makan irit banget ya di sevel atau lawson, lumayan daahhh ngiritnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah lufe saver aku banget juga kak Vari, hohohohoho

      Delete
  7. Replies
    1. asikkk, jangn lupa cerita-ceritanya yah kak Eka kalo ke Jepang :)

      Delete
  8. Lucu namanya Onigiri,,, Terima kasih mba tips nya, siapa tahu nanti ada kesempatan datang ke jepang, walau hanya dalam mimpi,,, Hehe

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. ayoo ayooo, sekarang banyak promo tiket ke Jepang lohh

      Delete
  10. Wah ada makanan yang didiskon ya di atas jam 5 sore :D asik nih kalo pergi ke Jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh, lumayan banget buat ngehemat bujet hihihihihihihi

      Delete
  11. * Mbayangin makan onigiri tiap hari *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Onigirnya banyak macemnya Wir, dijamin ga bosen dehh

      Delete

Thank you for comment :)