Tuesday, September 6, 2016

Oleh-oleh dan Wisata Kuliner di Yogyakarta

Udah pada tau dong kalo negara kita ini surga kuliner banget. Indonesia memiliki beragam kuliner di tiap-tiap daerah. Salah satu kuliner di tanah air yang memiliki cita rasa khas serta banyak peminatnya yaitu kuliner daerah Yogyakarta. Tidak hanya gudeg dan krecek, di perjalanan liburan kalian ke Yogyakarta juga boleh loh mencicipi aneka destinasi wisata kuliner lainnya. 

Bakpia Pathok
Bakpia ialah makanan yang terbuat dari kacang hijau, gula dan tepung. Makanan yang menggunakan proses pemanggangan pada pembuatannya ini merupakan salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina dan Tionghoa. Dinamakan bakpia pathok karena bakpia yang diketahui oleh masyarakat luas itu awalnya berada di daerah Pathuk, Yogyakarta. Seiring bertambahnya jaman, bakpia kini juga berisikan cokelat hingga keju. Bakpia yang terkenal di Yogya yaitu Bakpia 25, Bakpia 75 dan Bakpia Kurniasari. Kalo saya sih lebih sering beli bakpia 25 sampai langsung ke toko yang juga merangkap pabrik pembuatannya.

Yangko


Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Awal mulanya yangko berisi campuran cincangan kacang dan gula, namun saat ini yangko juga sudah memiliki variasi rasa baru seperti strawberry dan durian. Makanan khas ini banyak ditemukan di wilayah Kotagede, Yogyakarta.

Geplak
Satu lagi cemilan manis yang cocok buat oleh-oleh dari Yogyakarta adalah geplak. Geplak dibuat dari kelapa yang dimasak dengan campuran gula. Makanan ringan yang satu ini biasanya dibuat berwarna-warni dengan ukuran kecil-kecil. Biasanya dijual dalam kemasan besek kotak anyaman bambu dan cocok banget buat jadi teman minum teh.

Soto Lenthok Pak Karjo
Tempat makan ini selalu ramai peminat terutama pada saat pagi hari. Akan banyak masyarakat sekitar yang menikmati sarapan di tempat ini. Soto Lenthok Pak Karjo memiliki ramuan khusus yang dapat mebuat anda selalu ingin kembali dan mencicipinya lagi. Warung soto ini terletak di Jl. Prof. Herman Yohannes, Sagan, Yogyakarta.


Soto Sulung Stasiun Tugu
Masih seputar dunia persotoan, satu lagi soto yang terkenal adalah soto sulung yang terletak di dekat Stasiun Tugu. 

Sate Klathak Pak Pong
Sate yang satu ini pasti udah sering kalian dengar deh namanya. Sate klathak adalah sate kambing muda yang disajikan 'beda' dari sate lain karena dagingnya ditusuk menggunakan jeruji besi jari-jari sepeda. Kenapa namanya sate klathak? Jadi saat satenya dibakar terdengar suara 'klatak-klatak' dari daging yang dibakar tersebut, makanya jadi disebut sate klathak. Ini juga jadi salah satu kuliner wajib kalo mampir ke Yogyakarta.

Tips Liburan di Yogyakarta
Pastinya sebelum mulai hunting kulinernya yang lebih dulu dihunting tiket pesawatnya nih. Kebetulan bulan September ini Sriwijaya Air punya promo tiket pesawat untuk liburan dari Jakarta menuju Yogyakarta. Harga promo tiket penebangan yang ditawarkan mulai dari 350ribuan. Informasi lebih lanjut dan pemesanan tiket dapat dilakukan di Tiket2.com.


Nah kalo kalian, kuliner favorit Yogyakartanya apa aja?

4 comments:

  1. Eh . ada yg belum masuk nih. gudeg . wajib tuh. heh

    ReplyDelete
  2. kalau favorit saya sih gudeg mas. Gudeg yu Jum haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi aku juga selalu beli tuh kalo mampir ke Jogja :)

      Delete
  3. selama ini Babang tau kulier khas jogja cuma gudeg doang hihihi ketauan kudet

    ReplyDelete

Thank you for comment :)