Penginapan Favorit Teman Pejalan di Penang

, , 6 comments
Yeaayyy penginapan favorit teman pejalan series balik lagi. Kalo sebelumnya yang dibahas adalah penginapan di Bandung dan Singapura, kali ini beberapa teman pejalan dan saya akan berbagi informasi tentang penginapan di Penang. 

Pulau Pinang atau yang lebih akrab disebut Penang ini, merupakan Negara bagian Malaysia yang bisa ditempuh dengan kereta selama kurang lebih 8 jam dari Kuala Lumpur. Naik keretanya cuma sampai Butterworth dilanjutkan naik feri ke Georgetown. Kultur yang ada di Penang juga sama beragamnya seperti di Kuala lumpur, bangunan-bangunan ruko atau yang biasa disebut shophouse juga banyak yang masih kental dengan asitektur cina peranakan.

Daerah penginapan yang paling favorit biasanya berada di Georgetown, di area ini banyak terdapat objek wisata dan mural-mural yang biasa jadi incaran para pejalan. Berikut ini ada beberapa teman pejalan akan berbagi informasi tempat menginap di Penang, siapa tahu bisa jadi ide buat kalian yang hendak berkunjung ke Penang.

1. Hotel Penaga - Meidiana Kusuma (ini aku sendiri :P)

 kirinya Jalan Hutton, kanannya Jalan Clarke

Ini penampakan kamar dengan 2 kamar tidurnya, hayoo ngeh ada yang "Indonesia" ga dari kamarnya?

Hotel ini terletak di perempatan Hutton street dan Clarke street. Uniknya hotel ini menjadi hotel heritage pertama yang mendapat predikat green rating loh. Meskipun beberapa bagian hotel tetap dijaga desain eksterior dan interiornya bergaya cina peranakan, namun beberapa bagian telah dimoderinisasi. Kamar di Hotel Penaga yang paling kecil ukurannya sudah luas banget dan ada juga kamar dengan 2 kamar tidur yang cocok untuk kalian yang bepergian dengan keluarga. 

Untuk perihal makanan juga ngga perlu khawatir, karena di dekat hotel banyak banget restaurant dan food court, beberapa malah masih buka sampai tengah malam. Untuk menuju perhentian free bus Penangnya juga hanya tinggal jalan menuju Jalan Penang aja. Recommended banget.

2. Spices Residence - Aggy DEWtraveller





Di daerah Georgetown ada penginapan yang bernama Spices Residence. Tempatnya strategis, cosy dan homy banget. Jumlah kamar yang ada di Spices residence tidak terlalu banyak sehingga aku ngerasa lebih nyaman dan tidak terganggu dengan tamu-tamu yang lain. Sejarah di balik bangunan Spices residence ini juga tidak kalah seru, bangunannya sendiri dibangun sekitar tahun 1700an dan awalnya tempat ini peruntukan untuk tempat 'camp' sementara para calon jemaah haji sebelum keberangkatan ke Mekkah. 

Tamu yang menginap di Spices Residence juga mendapatkan sarapan dengan menu khas lokal seperti nasi lemak yang dibungkus daun pisang serta menu pelengkap seperti samosa dan spring roll. 
Aggy   
Twitter :@dewtraveller
Instagram : @dewtraveller


3. Golden Sands Penang - Tesya


Untuk kalian yang mau berkunjung ke Penang bersama keluarga dan mau mencoba suasana di luar Georgetown, bisa juga menginap di daerah Batu Feringghi. Ada penginapan yang saya rekomendasikan bernama Golden Sands. Beberapa hal menarik dari hotel ini diantaranya, hotel yang langsung tersambung ke pantai, taman yang luas, kolam renang yang besar, ada kolam berenang khusus anak-anak lengkap dengan waterlsidenya, dekat dengan halte bus dan ada free shuttle ke Georgetown. 



Di dekat Golden Sands juga ada beberapa tempat makan sehingga kita ga kesulitan cari makanan seperti KFC (jauh-jauh ke Penang makannya KFC lagi :P) dan ada juga Long Beach hawker center.
Tesya
Blog : Tesyasblog
Twitter : @tesyasblog
Instagram : @tesyasblog

4. G Hotel Kelawai - Jennifer Tham


Salah satu pilihan hotel lain di Penang yang juga masih di dekat pusat kota adalah Hotel G Kelawai. Kamar-kamar di Hotel G ini baru saja di makeover dan beberapa furnitur diganti sehingga tampak lebih stylish. Tiap kamar mandi juga dilengkapi bath tub plus bath salt juga, seru!.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari kamar, sebaiknya kali meminta untuk mendapatkan kamar yang menghadap ke Gurney Drive. Soal belanja dan makanan juga tidak perlu khawatir, hotel ini terletak persis di samping Gurney Plaza dan Gurney Paragon sedangkan untuk city tour, di depan Gurney Plaza juga ada halte bus Penang hop-on hop-off.






Jennifer
Instagram : @sillyepiphany


5. The Frame Guesthouse - Ari


Lokasi The Frame Guesthouse terletak di 168 Lebuh Chulia, sebuah lokasi yang bisa dibilang sebagai jantung UNESCO World Heritage site Georgetown. Letaknya sangat strategis, Mesjid Kapiran Keling tepat berada di seberang bangunan sedangkan Kuil Kwan Im, Sri Mahariamman temple dan Gereja Anglican St George pun bisa didatangi kurang dari 10 menit berjalan.

Keunggulan lain dari penginapan ini adalah lokasinya yang tidak jauh dari halte bus CAT, bus lokal yang bisa membawa kita berkeliling Georgetown tanpa biaya sepeserpun. Tak banyak fasilitas yang disediakan The Frame Guesthouse. Namun kebutuhan dasar akan sebuah penginapan seperti kamar tidur, pantry, shower, & toilet area dibangun dengan apik. Pemilihan furnitur dan penyusunannya menambah nilai kenyamanan karena tidak membuat sumpek bangunan tua yang hanya terdiri dari 3 lantai ini. 


Ari
Twitter : @sy_azhari
Instagram :@ariazhari

6. Tune Hotel - Dita


source: tunehotels.com

Sepertinya hampir sebagian besar penginapan yang ada di sekitaran Georgetown adalah bangunan tua, terutama hostelnya. Nah, buat kalian yang agak parnoan dan kurang suka dengan 'bangunan tua' ini, Tune hotel bisa jadi pilihan. Akses ke hotel yang berlokasi di Jalan Burma ini juga terbilang mudah kok, selain lumayan dekat dengan Komtar, di depan Hotel ada bus stop yang dilewati bus no 103 menuju Gurney Drive, pusat kuliner Penang (ada 2 mall besar juga di dekat situ). Di sekitaran hotel juga ada beberapa coffee shop lucu yang bisa dicoba. Sekedar tips, usahakan pesan kamar dari jauh-jauh hari jadi harganya jauh lebih murah.


Dita
Twitter : @malesmandicom
Instagram : @malesmandicom


Listnya bukan cuma ini aja loh, akan terusss bertambah. Kamu punya tempat menginap favorit juga di Penang? ayo dong ikutan share bisa email ke aku atau DM ke akun social media yang lainnya ya.

Baca Juga:
Penginapan Favorit Teman Pejalan di Bandung
Penginapan Favorit Teman Pejalan di Singapura

6 comments:

  1. waaw.. dari yang murah sampai yang terlihat mevvah yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kak Goiq, dari hostel seru sampe hotel seru juga, eh aku ada rekomendasi hostel juga nih sebenernya :D

      Delete
  2. Tengkyu review penginapannya mbak, bisa dipertimbangkan kalau mau ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-samaaaa, kalo punya informasi penginapan seru lainnya nanti saya share lagi yaaa

      Delete
  3. Jujurnya aku trmasuk yg kurang suka nginep di bangunan tua mei :p. Rada parno trutama kamar mandi wkwkwkwk... Makanya aku lbh seneng yg bangunan baru hotelnya hihihi.. Tp kalo batu feringhi juga ga trlalu suka di sana.. Utk wisatanya sih oke, tp kalo stay aku lbh milih ga, krn jauh dr tempat temen2 ku hihihi... :D. Kamu g ada planning k penang lg nih? Kangen ihhh ama penang

    ReplyDelete
  4. aku baru pernah ke KL , boleh banget reviewnya next kalau ke Penang :D thank you for sharing mbak.

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)