[ Hotel Review ] Yats Colony - Yogyakarta

by - 8:16 AM


Akhirnya setelah 2 tahun, saya kembali lagi berkunjung ke Yogyakarta atau kota yang biasa saya bilang sebagai kota sejuta gudeg. Kota ini selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan, lokal maupun mancanegara. Beruntung di bulan ini ada beberapa libur long weekend, lumayan kan bisa liburan tanpa harus menghabiskan cuti, tapi konsekuensinya tempat liburan jadi ramah dan harga tiket pesawat agak kurang bersahabat sih.

Hampir di setiap kunjungan saya ke Jogja, saya menginap di daerah Soswrowijayan atau Prawirotaman. Kali ini, berbekal informasi dari teman blogger saya mengetahui ada hotel yang menarik berada di jalan Patangpuluhan daerah Wirobrajan, Jogjakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Keraton Jogja, bernama Yats Colony. Akhirnya nginep juga di hotel yang instagramable di Yogya *happpyyy*. 


Yats ini sendiri ternyata merupakan kebalikan dari STAY kalimat bahasa inggris yang berarti tinggal. Yang menarik, ada 5 tipe kamar di Boutique hotel ini yang masing-masing bernama HA, NA, CA, RA, KA. Hancaraka adalah sebutan untuk aksara serumpun di daerah Jawa. Kali ini kamar yang akan saya review adalah kamar dengan tipe RA.

RA room yang saya tempati berada di lantai dua dengan pemandangan ke kolam renang. Ukuran kamarnya 22 meter persegi dan tipe kasurnya sendiri ada yang 2 single beds dan 1 king size bed. Kamar di desain dengan dominasi warna putih yang membuat kamar tampak lebih clean dan stylish. Yang unik, beberapa barang di kamar terdapat label yang memiliki dua bahasa yaitu Jawa dan Bahasa Inggris. 

Beberapa artpiece yang terdapat di tiap kamar merupakan karya lokal loh, misalnya seperti centerpiece kayu dengan ilustrasi unik di dinding atas tempat tidur adalah karya Aditya Pratama (ilustrator Indonesia yang pernah terlibat proyek Berrybenka packaging dan ilustrator untuk buku Flavours of Bali) dan tempat anyaman putih untuk menyimpan toiletries yang didesian oleh Ayang Cempaka, ilustrator Indonesia yang saat ini tinggal di Dubai dan terkenal dengan goresan cat airnya yang cantik.

my RA twin beds room




Room signnya juga unik

Selain tipe kamar yang saya inapi ini, ada juga HA room dengan luas 36 meter persegi yang ternyata berbentuk kamar loft alias dua lantai di mana tempat tidur berada di lantai atas. NA room dengan luas yang juga 36 meter persegi dan dengan dua akses masuk, bisa melalui pintu utama kamar atau melalui area kolam renang. CA & KA room dengan luas 22 meter persegi sama seperti yang saya inapi yang berbeda, CA memiliki akses langsung ke kolam renang sedangkan KA terletak agak jauh dari area kolam renang. 

pool view dari jendela kamar



 Pool view di malam hari

Untuk ukuran kamar yang lebih luas dengan tipe kamar yang lebih unik, saya sarankan untuk memilih HA room. Sedangkan untuk yang datang bersama keluarga dengan anak-anak yang masih kecil saya sarankan untuk memiliki tipe NA room karena bisa langsung mendapatkan akses ke kolam renang dengan teras belakang yang juga asik untuk dipakai duduk-duduk.

Tiap-tiap kamar tidak diberikan fasilitas gelas, air botolan, teh, kopi dan cutlery sendiri, namun sebagai gantinya ada "refreshment corner" yang menyediakan barang-barang tersebut di atas dan dapat dipergunakan untuk tamu. Selain refreshment corner, fasilitas hotel lainnya juga lengkap, mulai dari free WiFi, toiletries lengkap, sepasang sendal, fresh towels, kolam renang, sunken deck, BBQ deck, penunjuk arah kiblat, ada musholla juga di arah belakang hotel, sedangkan untuk airport transferpool towels dan hair dryer upon request.

Saat ini, Yats Colony belum memiliki room service sehingga untuk beberapa makanan yang ingin dipesan dari restoran hanya dapat dilakukan pemesanan takeaway by phone untuk kemudian kita pick up sendiri di restoran. Restoran terletak di lantai dasar, menyambung dengan resepsionis yang juga merangkap sebagai kasir toko pernak-pernik dan kasir restoran+coffee shop "coffee smith". 



Sarapan di Yats juga ga kalah seru, selain menu utama yang bisa dipilih sendiri (nasi uduk, bubur ayam, eggs benedict) ada buffet untuk beberapa menu roti, sereal, buah dan minuman.  

Overall, I really had a great time at Yats Colony sampai-sampai saya tidak ingin pulang dan maunya tinggal di sini aja, hahahaha. Thanks to Kak Ika yang udah infoin hotel kece ini dan next trip ke Jogja maunya teteeeep nginep di sini lagi. I'm in love with this hotel too much.


Yats Colony
Jl. Patangpuluhan No.23, Wirobrajan
Daerah Istimewa Yogyakarta

You May Also Like

37 comments

  1. Keceeeh hotelnya :D. Suka ih ama design kamar dan poolnya jugaa. Itu bebek2an kalo diliat anakku bisa ga mau kluar dr kolam dia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahaha ini aku juga suka bgt, sayang aja lagi ga bisa main air kemarin dan pas pagi-pagi udah dipelukin sama anak kecil, mau aku rebut takut nangis hahhahahahahaha

      Delete
  2. kece bangeeet... kalo ke Jogja mau nginep di sana ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh ramaikan Yats Colony yaahhh, harus jadi super famous pokoknya :D

      Delete
  3. Keceh banget hotelnya instagramable!!! Aku juga mau nginep disini ah hihihi.

    Btw love you new logo kak mei! *br liat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plisss kamu ga usah ikut-ikut nginep di sini, sama logo baru aku aja ga perhatian huh, aku sebaaall, GAK BOLEH POKOKNYA NGINEP DI SINI *telepon hotel wanti-wanti*

      Delete
  4. wah asesorisnay unik sekali, mau ah datang kemari

    ReplyDelete
  5. Pertama kali lihat foto Yats ini di instagram salah satu blogger.Kayaknya setiap sudutnya kece-kece semua yaaa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah setujuuu :D tiap sudutnya kece-kece dan unik

      Delete
  6. Baguuusss kamarnya, bener2 instagramable bgt yah.. Suka sama wooden art n room sign-nya.. Nyesel aku baru tau ada hotel ini, wiken lalu baru dari Jogja juga.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwa kita sama-sama di Jogja minggu lalu yahh, aku juga baru aja ngubah bookingan hotel 2 minggu sebelum berangkat, untung bgt dikasih tau temen ada hotel ini

      Delete
  7. Tau hotel ini karena Andra Alodita. Tapi baru ngeh kalau namanya dibalik dari sini.

    Jadi pengen nginep di sini hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iya mba Lia, waktu itu pernah liat juga kayaknya di Instagramnya Alodita. Aku juga baru ngeh pas dapet username sama password wifinya hahahaha

      Delete
  8. Wiiihh, kereen bin kece banget hotelnyaaaa
    Ayla Dimitri kapan hari juga posting ttg hotel ini di IG-nya

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaaa aku suka banget juga mbaa, jadi punya pilihan seru buat nginep deh sekarang kalo ke Jogja :D

      Delete
  9. Saya org jogja malah baru tahu euy..tfs mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sama-sama mba :)
      ayoo cobain staycation di Yats

      Delete
  10. Terlepas dari belum ada room service, tapi pengen banget menginap di sini. Bener-bener instagramable. Dan kelihatannya nyaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, setiap sudut di hotel ini seru dan instagramable banget :D

      Delete
  11. Lucu banget sih ini hotelnya, gak kuat! Next time ke yogya mau nginep sini ah! Thanks kak for sharing your information!



    xoxo
    ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih sama-sama Ayu, ini tipe kamar yg paling kecil lohhh
      yang lebih gedenya lebih lucuuuu lagi

      Delete
  12. Lucu..lucu...lucu.. pasti nginep ke sini kalau ke Jogja,kak. Chic banget kayak kepribadianku ya, kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chic kakk, Chici Balls dan Chicky chicky booom boom.

      Aku masih utang ke Medan nih hahahah, cariin hotel kece dong kak, nanti aku mampir deh ke Medan :D

      Delete
  13. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete
  14. Cara Alami Mengobati Anggota Tubuh Sering Mati Rasa
    Pengobatan Kista Coklat Secara Alami Tanpa Efek Samping
    Gejala Sel Darah Putih Meningkat Dan Cara Mengobatinya
    For those of you who are seeking treatment with herbal way, then we have the best recommendations and will not cause any side effects. For more information please visit our website

    ReplyDelete
  15. Review-nya Meidi bikin mupeeeng! Nanti kalau pas main ke Jogja, mau yobain YATS ini aah...

    Btw, happy birthday ya, Mei! :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akkkk thank you kak Titiii, aku baru ngeh kamu komen di sini hihihihih maaf <3

      Delete
  16. Menarik juga ya tempatnya. Ke luar dari kompleks ini, jauh ke mana-mana nggak? Emang dibilang deket kraton yang memang di tengah kota tapi aksesnya mudah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kemarin sih aku bulak balik ke sana ke mari naik uber sama grab car hahahahahaha, kalo untuk jalan kaki ke alun-alun kidul, lokasinya sih lebih jauh kalo dibandingin Tirtodipuran - Alun-alun kidul. Kalo jalan kaki ke Taman sari masih mayan reachable :D

      Delete
  17. Woow kamera kita samaan Mei #LahSalahFokus

    Duh kamarnya asoy aduhay ya.. kolamnya juga. Bookmarked nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahahahah tapi kameran yg di meja itu punya temenku Pebbb, yg aku buka Xm1 *tapi toss dulu sebagain anak fuji*

      Delete
  18. bumped into this link from Sharon's blog! Bagus yaaaah tempatnya <3 Anyway tempatnya wheel-chair friendly gak Mei?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, untuk beberapa kamar yang dilantai bawah sih wheelchair friendly kak, jadi bisa tanya ke staffnya dulu aja, kalo ga salah room tipe NA yang ukurannya cukup besar dan adanya di lantai dasar

      Delete
  19. Wisata terdekat dari hotel apa aja ka, tujuan saya Meu ke wisata pinus pengger .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari yats sih paling deket palingan ke Taman sari, tapi kemarin sih aku ke mana-mana pesen grab yaa okelah lumayan deket-deket semua

      Delete

Thank you for leaving a comment :)

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)