7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Taipei

by - 8:52 AM

Atmosfer liburan akhir tahun sudah semakin terasa, sudah pasti banyak orang yang memanfaatkan waktu liburan panjang mulai dari hari Natal hingga Tahun Baru untuk berlibur. Buat kalian yang memiliki rencana berkunjung ke Taipei, cek dulu beberapa hal berikut, yang mungkin saja dapat membantu kalian dalam mencari info tentang kota terbesar di Taiwan ini:

1. Mesin Kartu MRT

Coba deh cek kalimat di layar, hihihih pake bahasa Indonesia loh

Mesin ini bakalan jadi hal pertama yang akan dicari di Tayuan Airport apabila kamu memutuskan naik MRT untuk sampai ke pusat kota. Mesin ini biasanya terletak tidak jauh dari pintu otomatis untuk masuk ke stasiun MRT. Ada dua jenis transaksi yang bisa kamu lakukan di mesin tersebut, yaitu mencetak kartu baru dan melakukan top-up saldo. Wait, ini Taipei kan ya? Lalu, gimana kalo pilihan dan instruksi di mesinnya berbahasa Mandarin dan penuh dengan tulisan-tulisan Hanzi (karakter bahasa Mandarin)?

Eitss, jangan keburu panik ya! Ternyata, selain ada panduan dalam bahasa inggris, di setiap mesin ini juga ada pilihan bahasa Indonesia. Yup, you read it right, BAHASA INDONESIA. Saya dan kak Dita sempat terkejut dan cekikikan sendiri karena ternyata kami tidak perlu repot-repot minta bantuan staf untuk mencetakkan kartu baru untuk kami.

Perlu diketahui, untuk mencetak kartu baru mesin tidak memberikan uang kembalian. Jadi, untuk transaksi cetak kartu dengan minimal 500 Dollar Taiwan sebisa mungkin menggunakan uang pas yah. Atau, kamu bisa ke mesin penukaran uang kecil dulu sebelum melakukan transaksi.

2. Mini Market Vs Kantong Plastik

Sama seperti supermarket di Hobart, Australia, sebagian besar supermarket dan mini market di Taipei, pengunjung diharuskan membayar jika ingin menggunakan kantong plastik. So, what is the best thing to do? Bawa kantong belanjaan sendiri atau beli kantong lipat serbaguna!

3. Jam Operasional Toko dan Pusat Perbelanjaan

Salah satu sudut di Shilin Night Market

Buat kamu yang punya jadwal belanja dalam itinerary selamat di Taipei, jangan lupa untuk cek jam buka tokonya yah. Kenapa? Karena beberapa pusat perbelanjaan dan toko-toko baru buka di siang hari atau sekitar jam 12 siang. Maakkkkk, ini gimana ceritanya? Hahahahahha jadi kalo memang mau wisata belanja, at least you can loosen your time a bit for resting at the hostel/hotel before shopping till drop.

Beberapa restoran juga banyak yang baru buka mulai pukul 12 siang atau bahkan di sore hari. Ga heran deh, waktu saya ke daerah Ximending sekitar jam 11 siang, daerahnya masih tampak sepi dan hanya beberapa convenience store dan restoran yang menyediakan menu sarapan aja yang sudah buka. Waduh!

4. Visa Taiwan

Buat Warga Negara Indonesia (WNI), jika ingin berkunjung ke Taiwan masih diharuskan untuk mengajukan visa kunjungan terlebih dahulu. Beruntung, untuk WNI yang punya visa Australia, Ameria, Schengen, Kanada, Jepang atau New Zealand yang masih berlaku dapat mengajukan visa secara online via website National Immigration Agency, ROC(Taiwan) secara gratis. Nanti aku buat postingan terpisah terkait ini yah.

5. Sewa Sepeda Online

Mamas ini sewa sepeda di Obike

Di Taipei juga sudah ada jasa penyewaan sepeda online yang memudahkan turis, loh! Coba deh kamu cek website Obike, Ubike dan Youbike. Kalian hanya perlu mendaftar, memilih periode lama rental dan membayar via official website mereka. Tempat pengambilan sepedanya sendiri, biasanya banyak dijumpai di dekat stasiun MRT.

Sebagai referensi, harga penyewaan sepedanya saat ini sekitar 5 dollar Taiwan untuk 30 menit di 4 jam pertama. Lebih dari 4 jam akan dikenakan tarif 10 dollar Taiwan per 30 menit dan jika lebih dari 8 jam akan dikenakan tarif 20 dollar Taiwan per 30 menit.

6. Mobil/Truk Sampah

Di beberapa negara lain, biasanya kamu menemukan mobil yang berjualan es krim yang menyetel musik seru dan khas untuk menarik anak-anak kecil untuk membeli es krim. Namun, lain halnya dengan yang di Taipei. Di sini, mobil yang menyetel suara atau musik dari mobil ternyata malah mobil sampah loh! Saya sempat 2 kali celingukan mencari sumber suara tersebut dan akhirnya malah bingung begitu tahu suara tersebut ternyata berasal dari truk sampah. hehehhehehe

7. Musim Diskon Belanja

Siap-siap jaga dompet ya kalo lagi musim diskon, terutama di daerah Ximending

Buat yang suka belanja, musti dicatet nih, musim diskon belanja di Taipei adalah  di sekitar bulan April - Mei dan September - November. Jangan lupa di bold, underline, dan italic ya! Nah buat yang mau coba hunting tiketnya dari sekarang, cobain fitur Price Alerts di aplikasi Traveloka saja.

Based on my experience, kita bisa tentukan bujet tiket ke tujuan misalnya Taipei, lalu tunggu dapat notifikasi di layar handphone atau email untuk tahu harga tiket ke Taipei sedang di atas bujet, di bawah bujet, atau pas dengan bujet kita. Pas sudah cocok dengan harganya, langsung booking. Jadi, ga repot kan? Kalian bisa cek info lebih lengkapnya di sini.

Untuk fitur Price Alerts, settingnya semudah ini loh, tinggal pilih kota asal dan tujuan, tanggal yang diinginkan dan bujet yang dimiliki

Nah, itu 7 hal yang perlu kalian tahu sebelum menjelajah di Taipei. Namun, selain itu ada beberapa informasi yang bisa kamu jadikan sebagai persiapan pergi ke Taipei. Beriktu di antaranya:


  • Untuk cek jadwal kereta, bisa install aplikasi Friendly Metro Taipei di smartphone kamu.    
  • Colokan listrik yang digunakan di Taipei/Taiwan adalah Tipe soket A, atau sama seperti Amerika dan Kanada.
  • Mata uang yang digunakan di Taiwan adalah Taiwan Dollar atau yang biasa disingkat NTD.
  • Dari bandara, ada 2 pilihan kereta dari bandara untuk menuju Taipei Main Station, yaitu MRT dan High Speed Train. Saran saya sih, lebih baik kalian memilih MRT karena stasiunnya langsung terhubung dengan airport, sedangkan High Speed Train harus terlebih dahulu menggunakan bus untuk mencapai stasiunnya. 
  • Taipei secara khusus atau Taiwan secara umum, merupakan daerah yang setiap tahunnya sering diterjang angin Taifun. Sebagai informasi, siklus tinggi untuk Taifun berada di sekitar bulan Juli - September. Jadi, sebaiknya kalian menghindari bulan-bulan tersebut saat akan berkunjung ke Taipei atau minimal cek weather forecastnya terlebih dahulu.
  • Kalau kamu tidak membeli sim card local  atau tida menyewa pocket WiFi sebenarnya tidak perlu khawatir, karena tempat-tempat umum seperti stasiun MRT, convenience store, dan bus dengan logo tertentu menyediakan WiFi secara gratis.

Well, sudah siap ke Taipei untuk liburan akhir tahun yang seru?




You May Also Like

14 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Thanks kak mei artikelnya sangaat menarik 😆 yang bikin aku penasaran adalah kalo gapunya visa schengen australia dll akan dipersulitkah? Atau syarat2 lainnya itu apa? Oh ya di taipei nginep di hostel apa hotel kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya tetep gampang sih Ka, kayaknya Ariev pernah share cara bikin visa yang ke kantor dagangnya Taipei. Aku nginep di Hostel namanya NiHao Hostel, itu lokasinya BAGUS banget, kamarnya juga enak dan kamar mandinya cabin sendiri-sendiri (tetep shared bathroom) tapi lebih nyaman

      Delete
  3. Artikelnya sangat informatif sis 😄
    Itu si mesin MRT nya ada bahasa indonesianya 😮.. sama baru tau kalo Taiwan bisa pake visa negara2 lain, itu cukup daftar online aja dan ga harus dtg bawa passport ke konsulatnya ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tinggal apply online aja sih tapi jadinya kalo ada visa yang aku sebutin di atas jadi cepet dan ga bayar juga Ren, ga perlu ke kantor dagang Taiwan di SCBD

      Delete
  4. Super like.. asik jadi kalo punya visa jepang udah bisa langsung donk ya? Untuk belanja dan nawar2 gitu gampang ga? Soalnya pas ke hongkong, rada judes2 penjualnya trus kalo udah mau tutup gt langsung diusir.. 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sih ngerasa orang-orang di sini jauh lebih ramah yah daripada di Hong Kong dan suasana kotanya juga enaaak Wen, tapi datengnya pas lagi udaranya asik jangan pas panas.

      Delete
  5. Akaaan :D. Udh lama pgn ke taiwan krn kata temenku yg kuliah di sana, wisata alam taiwan itu cantik2 banget. Tp utk makanan denger2 ga seenak HK ato china.tp pas di beijing kmrn aku jg ga nemu banyak makanan enak hahahah.. Jd kalo makanannya pas2an, asal wisata lainnya asyik, gpp lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaa ayo main ke Taiwan kak, kalo bisa sih agak panjangan biar bisa muterin Taiwan. Katanya Kaohsiung, Jiufen sama Hainan bagus juga

      Delete
  6. aku ingin tahu wajah mamas yang pake sepeda ituuuh kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hussssh ga boleh, nanti diomelin mas bebeb

      Delete
  7. Aaah Mei, udah lama mr.husband ngajakin ke Taiwan dan aku masih mundur cantik aja nih. Tapi aku masih ada visa Australia, mungkin ini saatnya ya Mei:D

    ReplyDelete
  8. SALUT ADA PILIHAN BAHASA INDONESIANYA DI MESIN MRT.

    Mungkin karena mereka tau turis Indonesia itu sumber devisa yang penting ya, hahaha

    ReplyDelete
  9. meniru Taipe, ahrusnya kita juga gitu ya... akntong palstiknya bayar, dibuat saja sedikit lebih mahal, jadi lebih terkontrol.

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment :)